jump to navigation

Banjir Terparah di Desa Sarumbaya Donggala September 15, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

DONGGALA – Hujan deras yang melanda di wilayah Kabupaten Donggala dan sekitarnya, membawah bencana banjir di beberapa desa, Selasa(13/9) kemarin. Berdasarkan data yang di himpun Radar Sulteng, ada kurang lebih 10 desa di Kecamatan yang berbeda di Kabupaten Donggala yang di landa musiba banjir.

Image result for foto foto banjir

Sumber : https://www.google.co.id/search?q=foto+foto+banjir&biw

Kepala Badan Penanggulangan bancana daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Ir Akris Fatta Yunus MM, kepada Radar Sulteng Mengatakan, hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Donggala, pada Selasa (13/9), debitnya cukup deras dan terjadi dengan limit waktu yang lama. Akibat dari itu, kurang lebih 10 desa dibeberapa kecamatan di kabupaten Donggala, di hantam banjir. “Rata-rata banjir yang menghantam beberapa desa tersebut, bersumber dari luapan air sungai, dampak dari hujan deras  yang terjadi Selasa (13/9) kemarin. “ungkapnya, saat di konfirmasi.

Sejauh ini, lanjut Akris, data yang berhasil di dapatkan BPBD Kabupaten Donggala, terkait bencana bajir ini, terjadi dibeberapa desa di Kecamatan Banawa Selatan, Labuan, Sindue, dan Kecamatan Sojol, serta sojol utara. Banjiir di kecamatan Banawa selatan itu, terjadi di beberapa lagi, yakni Desa Sarumbaya, Lumbutarombo, Surumana, Mbuvu, dan Desa Tanamea.

“Banjir di kecamatan Labuan, ini terjadi kdi Desa Labuan Kungguma, kemudian di Desa Enu, Kecamatan Sindue, Desa Balukang 2 kecamatan Sojol, serta Desa Pesik kecamatan Sojol Utara,” paparnya. Paling parah, kata Akris, adalah banjir yang terjadi di Kecmatan Banawa Selatan, khususnya yang menerjang Desa Sarumbaya ini, mengakibatkan 18 rumah hanyut terbawah banjir, 12 yang kondisinya rusak, dan terendam banjir.

“Sejak tadi malam, tim sudah berada di tempat kejadian, dan sebagian  lagi telah berangkat tadi pagi, ke lokasi bencana di beberapa desa lagi. Tim datang sekaligus membawa bantuan, untuk korban bencana,” terangnya lagi.

Karena banjir terjadi di dua wilayah daratan Kabupaten Donggala  yang terbagi menjadi dua dan di pisahkan oleh kota Palu. Olehnya tamba Akris tim penanggulangan bencana, BPBD Donggala, harus di bagi menjadi dua tim, satu tim turun kelokasi bencana di wilayah pantai barat satu tim lagi di wilayah kecamatan Banawa Selatan.

Bahkan, tim sempat kesulitan,  untuk samapai ke Desa Surambaya ini, karena harus melewati perbukitan. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini tim sudah di lokasi bencana,” tambahnya.

Ditanya apakah ada korban jiwa dalam kejadian itu, dan berapa jumlah keseluruhan  rumah warga yang di hantam banjir? Menurut Akris, untuk korban jiwa sejauh ini, pihaknya belum menerima informasi adanya korban jiwa. Sementara untuk rumah warga yang hanyut di hantam banjir, baru yang dari Desa Sarumbaya.

“Untuk Desa lain seperti Desa Balukang 2, serta beberpa desa lagi di pantai barat yang di terpa banjir, kita belum monitor, berapa jumlah rumah yang rusak atau hanyut, atau terendam banjir. Tapi tim kita, Alhamdulillah sampai saat ini, sudah di lokasi bencana,” sebutnya.

Sampai saat ini kata Akris, pihaknya terus melakukan monitor di kalapangan, termasuk penanganan bencana terhadap korban. Karena peristiwa itu juga, selaku kepala BPBD, dia mengingatkan serta menghimbau kepada masyarakat, untuk selalu waspada dan berhati-hati.

“Kalau mellihat cuaca mendung, masyarakat harus  segera waspada, apalagi di malam hari. Karena kedepan ini, potensi hujan sepertinya masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Donggala,” tandasnya.

Data lain yang berhasil di himpun Radar Sulteng, seperti banjir yang terjadi di Desa balukang 2, tepatnya di Dusun 1. Banjir di Desa ini, di kabarkan merendam beberapa rumah warga, dengan airnya sampai setinggi paha. Beberapa Desa yang di utarakan kepala BPBD Donggala itu, adalah Desa-desa  yang menjadi langganan banjir setiap terjadinya hujan deras. Olehnya masyarakat, di harapkan untuk selalu waspada dan bersiap siaga. (cdy)

                                     Sumber : Radar Sulteng*Kamis,15 September 2016

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: