jump to navigation

Akses Jalanan Menuju Empat Desa Rusak Parah Agustus 8, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Buol – Fasilitas jalan kantong produksi di Desa Bongo  Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, yang menghubungkan empat desa pertanian (Kantong Produksi), yakni Desa Bokat IV, Langudon, Duamayo, dan Tikopo mulai rusak parah. Kondisi mengenaskan itu, diakibatkan karena curah hujan yang turun cukup tinggi sehingga sebagian titik titik jalan yang sebagian besar belum teraspal, mengalami kerusakan hebat. Pemerintah Kabupaten Buol melaluli Dinas Pekerja Umum (PU) diharapkan akan segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi kondisi jalan desa, yang merupakan urat nadi jalur pertanian. Dan menjadi jalur petani menjual hasil produksi pertaniannya ke konsumen di pasar tradisional setiap hari.

Sumber : https://www.google.co.id/search?q=foto+akses+jalan+di+desa+pedalaman

“Kami minta Dinas PU sesegara mungkin meninjau jalan yang rusak karena sering dilewati kendaraan, “ungkap Sulaeman, salah seorang tokoh masyarakat Bongo, kepada Radar Sulteng, Minggu (7/8). Dijelaskannya, keberadaan jalan yang menghubungkan empat desa sudah cukup lama belum dilakukan perbaikan. Warga setempat yang berpergian setiap hari mulai terbatas, karena medan jalan yang sangat becek serta licin untuk dilauli kendaraan. Apalagi jika sudah turun hujan, air mengalir dan tergenang di bahu jalan, sehingga pengguna jalan sulit membedakan mana jalan bagus mana yang rusak.

Selain itu, kata dia, siswa dan guru yang hendak menuju sekolah harus ekstra hati-hati, ketika melewati jalan yang rusak. Pemkab dan Dinas teknis diminta segera turun meninjau dan menganggarkan pekerjaan perbaikan untuk kelancaran warga petani dan akses pendidikan. “Setiap kali ada pekerjaan perbaikan jalan di desa kami, belum lama dimanfaatkan sudah rusak lagi. Makanya jalur jalan strategis ini harus segera diaspal  mantap, “ujar Sulaeman.

Iya juga menghawatirkan, jalan tersebut jika belum diatasi dinas teknis diprediksi akan menimbulkan kerawanan, seperti kecelakan dan makin sulit dilalui kendaraan dari berbagai arah. Demikian juga para siswa dan guru yang setiap hari menuju sekolah, mereka akan mengalami kesulitan tatkala menggunakan jalur jalan itu. “Mudah-mudahan Pemkab dan DPRD Buol dapat mengalokasikan anggarannya untuk meningkatkan fasilitas jalan di desa yang rusak, dan segera diaspal,”tandas Sulaeman.(tam).

Sumber : Radar Sulteng, Senin-8-Agustus-2016

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: