jump to navigation

Banjir Sapu Kecamatan Bukal Juli 29, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Buol – Ratusan Rumah Penduduk di Kecamatan Bukal kembali terendam banjir, setelah di guyur hujan selam 4 jam pada Rabu malam (27/7). Ketinggian air mencapai 1,5 meter. Terjadinnya banjir dikarenakan debit air sungai Buol bersakala besar, hingga meluap dan merendam enam desa dan satu dusun. Desa dan Dusun yang kena banjir itu adalah Desa Diat, Bungkudu, Unone, Yugut, Dusun Babal, Mopu serta Potangoan. Berdasarkan keterangan  warga, air meluap membawa sedimen lumpur sekira pukul 04:00 wita menerjang perkampungan, dan menyebabkan akses jembatan dan jalan yang menghubungkan Desa Yugut dan Unone putus, serta satu dusun terisolasi sulit untuk dijangkau.

Sumber : https://www.google.co.id/search?q=Foto+banjir&biw

 

Camat Bukal Kasim Kepada Radar Sulteng, Kamis (28/7), membenarkan bahwa kondisi di Kecamatan Bukal saat untuk Memprihatinkan. Banjir melanda enam desa menyebabkan rumah rumah penduduk terenda dan ratusan hektar sawah dan tanaman petani terncam gagal panen. Tingginya debit air di sungai membuat beberapa tanggul jebol.

Dijelaskannya, belum ada korban jiwa akibat air yang tiba-tiba menerjang perkampungan. Hanya saja, satu dusun di Desa Yugut sudah terisolasi, dan satu jembatan putus. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosail dibantu Aparat TNI sulit menembus untuk mensuplay air bersih bersama bantuan lain.

Aktivitas masyrakat lumpuh, dan beberapa Sekolah Dasar (SD) terpaksa meliburkan siswanya. Kata dia, dari laporan aparat desa, semua warga belum meninggalkan rumah mereka atau mengungsi ketempat yang aman, meski pemerintah desa sudah berusaha menyampaikan. Hanya saja, kebutuhan air bersih yang sulit untuk disuplay ke desa yang terisolasi. “Saat ini kami terus melakukan pemantaun dan saling berkoordinasi dengan petugas bencana untuk memastikan kondisi warga, “Ujar Kasim.(tam)

Sumber : Radar Sulteng Jum’at-29-2016

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: