jump to navigation

WALHI Minta Bank Pendana Kencana Agri Group Transparan Juli 1, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU- lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wahana Ligkungan Hidup (WALHI) Sulteng meminta Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Mandiri dan Bank Danamon harus Transparan dalam memberikan informasi pendana terhadap perusahaan Kencana Agri Group.

 

“ketika Bank tersebut di pastikan mendanai Kencana Agri Group dalam membangun perkebunan mereka,” ungkap salah satu aktifis Walhi, Budi Siluet dihubungi dari Palu, Kamis (29/6).

 

Kata dia, di Kabupaten Banggai ada tiga perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit yang tergabung dalam kencana Agri Group yaitu, PT Wiramas Permai yang ada di Kecamatan Bualemo, PT Delta Subur Permai yang ada di Kecamatan Batui, dan PT Sawindo Cemerlang yang ada di Kecamatan Batui Selatan.

Menurut Budi, KetigaPerusahaan tersebut dapat di pastikan telah melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

sumber foto: ilustrasi :foto Ist

“Sebagai pembangunan kebun plasma sebagai salah satu kewajiban yang harus di lakukan oleh perusahaan perkebunan sampai hari ini tidak pernah ada,” katanya. Pria sejak tiga tahun lalu  melakukan advokasi di lingkungan  perkebunan Sawit itu membeberkan, khusus PT Wiramas Permai telah melakukan aktivitas perkebunan di atas tanah-tanah petani  yang memiliki sertifikat. Hal itu di tegaskannya sudah pasti akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap keberlanjutan usaha perkebunan warga lokal.

Atas dasar itu, Budi menekankan agar sejumlah bank tersebut harusnya bersikap tegas, apalagi pada 18 April 2016 masyarakat telah melakukan aksi protes kepada sejumlah bank tersebut. Jika hal itu tidak di sikapi, bisa dikhawatirkan bank akan menuai kredit macet karena masyarakat akan terus melakukan perlawanan.

“Seharusnya Bank dalam memberikan kredit mesti berpegang tegu pada asas tata kelola perbankan yang baik, dengan tetap memperhatikan tanggungjawab sosial dan lingkungan, sehingga apa yang menjadi tujuan yaitu pembangunan yang berkelanjutan dapat terlaksana.” Tutup Budi. (YAMIN)

sumber: Media Alkhairat,  Jumat 1 Juli 2016

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: