jump to navigation

PEMKOT DINILAI MENDUKUNG KERUSAKAN LINGKUNGAN JIKA TIDAK SEGERA HENTIKAN AKTIVITAS REKLAMASI JIKA TIDAK SEGERA HENTIKAN AKTIVITAS REKLAMASI April 25, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Palu- Penolakan Reklamasi teluk palu terus berlanjut, Jum’at sore (22/4), Gerakan Perempuan Bumi Merdeka (GPBM) berunjuk rasa berkaitan dengan hari bumi  dan hari kartini. Dalam askinya GPBM mengutuk reklamasi teluk palu karena dianggap telah banyak menimbulkan banyak kerugian bagi masyarakat dan lingkungan.

 

baju_cetak_final

Aksi damai itu dilakukan tepat di depan reklamasi pantai Teluk Palu, Kecamatan Mantikulore. Aksi aksi demo itu diikuti dari beberapa mahasiswa yang tergabung dalam berbagai lembaga dan di lakukan juga teatrikal keluhan masyarakat yang tak didengar.

Dalam aksi itu, mereka meminta agar aktivitas reklamasi segara dihentikan mengingat dampak negatif lebih  besar.

Tidak hanya itu, izin yang dikeluarkan oleh pemerintah dianggap tidak berdasarkan RTRW, yang sudah jelas bahwa teluk palu adalah daerah rawan bencana. “Kami jelas mengutuk reklamasi teluk palu dan akan banyak menimbukan kerusakan lingkungan, belum lagi teluk palu akan hilang ,“Ujar Koordinator Serikat Mahasiswa Progresif, Firmansyah.

Menurutnya, reklamasi teluk palu telah bayak menimbulkan kerusakan alam dan lingkungan, belum lagi masyarakt pesisir teluk palu tersingkir dari lahan pekerjaan mereka yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, pedagang kaki Lima (PKL) dan petambak garam.”Sebenarnya dampak itu tidak hanya berhenti pada nelayan, tapi juga berimbas kepada ibu rumah tangga yang mengatur dapur dan menggurus anaknya karena kekurangan penghasilan yang akan di dapatkan dari sang ayah yang berprofesi sebagai petambak garam,”terangnya.

Menurutnya, Seharunya pemerintah kota palu (Pemkod) palu bisa menghenikan reklamasi Teluk Palu karena tidak sesuai dengan perda 16 tahun 2011 pasal 42. Teluk Palu daerah rawan bencana pasang  tsunami di kecamatan kelurahan besusu barat. “Sudah jelas melanggar. Kalau reklamsi terus dilanjutkan di wilayah Teluk Palu sama saja pemerintah kota palu ikut mensahakan bencana alam dan kerusakan lingkungan yang akan ditimbulkan,”tandasnya.

Lanjutnya, reklamasi Teluk Palu akan menimbulkan banyak bencana baik dalam lingkungan maupun terhadap perkonomian masyarakat pesisir.”Apakah pemerintah hanya akan membiarkan masyarakat pesisir Teluk Palu sengsara akibat reklamasi?,”pungkasnya.(cr1)

Sumber :radar sulteng, 23 April 2016

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: