jump to navigation

Aktivitas Reklamasi Berlanjut Walaupun Rekomendasi Penghentian Reklamasi Diteken DPRD Maret 10, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

 PALU –  Aktivitas penimbunan laut alias reklamasi disekitar Pantai Talise dekat dengan lokasi Penggaraman Talise jalan Komodo berlanjut.

Padahal pihak DPRD palu melalui komisi C sudah meneken rekomendasi untuk penghentian reklamasi Pantai. Pantauan Radar Sulteng, Selasa (8/3) penimbunan laut semakin luas, bahkan tempat perahu nelayan disekitar Pantai Talise dekat dengan lokasi penimbunan sudah tidak ada. Beberapa perahu di tempatkan di atas tumpukan material reklamasi.

Dua alat berat juga terlihat sedang meratakan material timbunan yang di angkut truk yang bergantian membawa material ke lokasi reklamasi.

Salah seorang warga, Kenzo (37) yang bersantai di anjungan Nusantara memandang kearah lokasi reklamasi mengatakan, pemandangan pantai kearah utara dari Anjungan Nusantara sudah semakin luas. Pemukiman Warga, lokasi penggaraman sudah hampir tidak terlihat. “Tidak lama lagi sudah diganti pemandangan gedung-gedung bertingkat,” ujarnya. Warga yang mengaku berdomisili di jalan monginsidi di jalan monginsidi itu menyayangkan jika aktivitas reklamasi justru dilakukan di kawasan Teluk palu, yang akan merusak pemandangan indah di Teluk Palu.

“Kalau sudah reklamasi sudah pasti akan ada pembangunan gedung bertingkat. Sudah tidak bisa lagi lihat pemandangan pegunungan dari pantai karena sudah tertutup gedung-gedung,” ucapnya

Sebelum Wakil ketua Komisi C Anwar Lanasi dan sektretaris komisi C Rusman Ramli, akan membuat rekomendasi tersebut segera di teken

“Hari Jumat ini rekomendasi itu sudah kami serahkan kepada pihak sekretariat DPRD Palu untuk selanjutnya di sampaikan ke Pemkot,” kata Anwar Lanasi.

Anwar Lanasi, berharap pemkot  dapat menindak lanjuti rekomendasi ini yaitu menghentikan reklamasi sementara sambil menunggu terbitnya alasan hukum bagi reklamasi.

Menurutnya, alasan komisi yang membidangi pembangunan itu mengeluarkan rekomendasi karena reklamasi tersebut belum memenuhi syarat karena belum adanya dasar hukum.

“Rekomendasi ini di keluarkan setelah komisi C menggelar pertemuan dengan dinas penataan Ruang dan perumahan Badan Lingkungan Hidup, Dinas ESDM dan Dinas Perhubungan,” kata Anwar. (ron/zai)

Radar Sulteng*Kamis, 10 Maret 2016

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: