jump to navigation

DPRD sudah Hubungi pihak berkepentingan Januari 29, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Terkait Rencana Hearing Reklamasi

Palu- DPRD palu memastikan akan tetap menggelar rapat dengar pendapat (hearing) soal reklamasi pantai Talise. Sejumlah pihak yang berkepentingan dengan reklamasi juga sudah di hubungi pihak berkepentingan dengan rencana hearing.

Hanya saja dari pernyataan ketua DPRD Palu Muhammad Iqbal Andi Manga, kemungkinann jadwal penyelenggaraan hearing baru bisa di lakukan pada Februari atau Maret 2016. Sebab untuk saat ini, DPRD bersama pemkot fokus dengan laporan keterangan pertanggung jawaban wali kota tahun 2014 dan persiapan pelantikan Wali Kota dan wakil wali kota terpilih. Sebab wali kota yang baru, ada visi misinnya yang harus di masukan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Politisi partai Golkar ini, nenyatakan DPRD memilih menggelar Hearing soal Reklmasi setelah peresmian Wali Kota terpilih karena tidak ingin suasana yang sedang bagus-bagusnnya pasca pilkada 2015 terganggu gara-gara rencana hearing itu.

“kami tidak ingin rencana hearing reklamasi pantai itu menjadi blunder dan menggangu perencanaan persemian wali kota terpilih. Namun yang pasti hearing soal reklamasi tetap kita agendakan,”papar iqbal. Ikqbal, menegaskan Lagi, DPRD memutuskan untk tetap menggelar hearing dengan beberapa alasan.

Salah satunya, beberapa pihak yang melaksanakan reklamasi telah berusahan meyakinkan public, bahwa pelaksanaan reklamasi memiliki legitimasi yang legal. Sementara ada pihak yang menyatakan reklamasi tidak layak.

“Daripada terjadi perdebatan di media soal legal atau tidak legal layak atau tidak layak pekerjaan reklmasi, alangkah baik nya kita berinsiatif untk mempertemukan seluruh pihak terkait dalam hearing supaya tidak terjadi di Masyarakat,”kata iqbal.

Hearing ini juga kata Iqbal, untk menepis pendapat dari berbagai pihak bahwa DPRD tidak peduli dengan isu reklamasi ini. Hearing ini semakin penting kata Iqba karena pihaknya sadar bahwa wali kota terpilih memiliki konsep sendiri tentang penataan kawasan pesisir yang mungkin berbeda dengan konsep Wali Kota sebelumnnya.

Iqbal menyatakan, hearing ini bukan pada persoalan menyetujui atau tidak menyutujui reklamasi. “sebab reklamasi itu adalah Domain swasta yang menginginkan adannya kawasan infrastruktur yang di jadikan proyek kemudian dia meminta izin kepada pemerintah untk melaksanakan rencanannya itu,”katanya.

Kata iqbal Lagi, pihak y
ang akan me
lakukan reklamasi sudah menggurus izinnya sejak beberapa tahun lalu ketika beberapa regulasi belum mengalami perubahan. “Ketika perizinannya terbit kemudian ada regulasi-regulasi baru tentang penataan Lingkungan ini kan harus dicocokan tidak bisa serta merta keinginan swasta untk membangun daratan baru itu diamini begitu saja, ;pungkasnya.(zai)

Radar sulteng, sabtu,23 Januari 2016

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: