jump to navigation

Dukungan Hearing Reklamasi Menguat Januari 7, 2016

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU – Upaya Sekretaris Fraksi Restorasi Pembangunan DPRD Kota Palu, Ridwan Alimuda, untuk menggalang dukungan hearing persoalan reklamasi Pantai Talise, mulai mendapat dukungan. Salah satunya datang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

F-PKS DPRD Kota Palu menyatakan, bakal mendukung langka lembaga terhormat itu untuk menghearing reklamasi Pantai Talise.

Menurut Ketua Fraksi PKS Rusman Ramli ST, hearing adalah cara bersama-sama melakukan kajian secara komprehensif terhadap persoalan di balik reklamasi. “Insya Allah kami siap mendukung hearing untuk reklamasi Pantai Talise,” Kata Rusman dihubungi tadi malam (6/1).

Menurut dia, Fraksi PKS sangat menekankan pelaksanaan aturan hukum dalam hal reklamasi. Hukum harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait, sehubungan dengan penimbunan Pantai kebanggaan masyarakat Palu tersebut.

“Padahal, kita kan tahu bahwa rencana detail Tata ruang Kota Palu termasuk Tata Ruang kawasan reklamasi Pantai, masih dalam proses perencanaan,” ungkap rusman lagi.

Rusman juga menyatakan, bagaimanapun reklamasi adalah bentuk campur tangan atau intervensi manusia terhadap keseimbangan lingkungan alamiah Pantai, yang akan melahirkan perubahan ekosistem. Seperti perubahan pola arus, erosi dan sedimentasi pantai yang berpotensi mengakibatkan gangguan lingkungan. Dampak-dampak inilah kedepan akan muncul di Pantai Talise akibat reklamasi.

“Yang jelas, reklamasi akan menimbulkan dampak negatif yang cukup berbahaya bagi kehidupan. Seperti banjir, nelayan tradisional akan tergusur dan akan hilang mata pencariannya. Juga Aksesibilitas ruang Publik atau private-domain makin terbatas,” kata Rusma.

Meski mengkritik soal reklamasi, Sekretaris Komisi C DPRD Palu ini juga mengakui akan semakin banyak kawasan komersial yang dibangun dengan upayah reklamasi. Imbasnya, akan menambah pendapatan asli Daerah.

“Reklamasi akan memberikan keuntungan dan dapat membantu Kota Palu, dalam rangka penyediaan lahan untuk berbagai keperluan pemekaran kota, penataan daerah Pantai, pengembangan Wisata bahari,” katanya sedikit bijak.

“Namun, kita berharap saja mudah-mudahan perubahan RDTR terutama kawasan reklamasi Pantai mampu memperhatikan aspek sosial, ekonomi dan budaya dikawasan Pantai Talise khususnya,” tandas Rusman.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan alimuda menyatakan bahwa dirinya siap menggalang dukungan dari sesama anggota dewan untuk menghearing reklamasi. Karena dengan penggalangan dukungan, akan diketahui siapa saja anggota dewan yang tidak mendukung. Apakah reklamasi Pantai Talise yang sedang berlangsung saat ini cacat prosedur atau tidak.

“Apalagi Ketua DPRD Palu sudah menyatakan setuju, jika dewan menghearing reklamasi Pantai Talise,” terang ridwan kepada koran ini beberapa hari lalu. (zal)  Radar Sulteng*Kamis,07 Januari 2016

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: