jump to navigation

Tambang Asing Beroperasi di Banggai November 10, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

LUWUK – Usaha pertambangan yang tidak disertai perizinan sesuai perundangan (illegal) di wilayah Kab. Banggai dan Kab. Tojo Una-Una mulai marak, bahkan berdasarkan penelusuran media ini di wilayah kecamatan Toili dan Toili Barat, telah beroperasi perusahaan tambang asing berskala besar.

Hasil investigasi yang diperoleh media ini menyebutkan, ada salah satu perusahaan dengan nama PT.Xin Liu Fu yang bergerak di bidang pertambangan emas telah beroperasi diwilayah Desa Uwe Mea kecamatan Toili dan Toili barat yang dalam operasinya tidak disertai perizinan. Bahkan salah seorang sumber menyebutkan perusahaan milik Warga Negara korea itu beroperasi menggunakan alat berat berupa excavator dan alat berat lainnya mengeruk emas yang ada di wilayah itu.

Bukan itu saja, perusahaan asing tersebut juga memasuki wilayah PT. Bumi Balantak Raya yang lebih dulu memiliki hak menguasai kawasan tersebut. Bahkan, saat ini proses penggusuran jalan menuju areal pertambangan terus dilakukan. Sebagian areal pertambangan illegal tersebut telah memasuki hutan lindung. Sejauh ini belum ada tindakan tegas dari dinas terkait termaksud dari kehutanan maupun aparat berawajib.

Kapolres Banggai AKBP. Jamaludin  Farti yang dimintai keterangannya mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait adanya perusahaan tambang yang diduga illegal tersebut,  senada kasat reskrim polres Banggai AKBP. Karel Antonius Paeh, SH mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan adanya kegiatan pertambangan illegal tersebut.

Menariknya, perusahaan pertambangan tersebut ternyata pernah juga peroperasi dibeberapa wilayah di Sulawesi Tengah dengan modus yang sama dan juga tidak mengantongi izin sehingga bermasalah di sejumlah tempat. Bahkan belum lama ini informasinya Satuan Reserse criminal Polres Touna ikut melakukan penyelidikan terhadap keberadaan perusahaan tersebut yang informasinya juga beroperasi diwilayah Kabupaten Tojo Una-Una dan telah mengamankan satu unit Exavator yang diduga milik Perusahaan tersebut. (Ikb)   *) Radar SultengSenin,9 November 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: