jump to navigation

TERDETEKSI 78 TITIK API DI SULTENG Oktober 13, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Palu- berdasarkan badan meteorologi dan geofisika (BMKG) Mutiara Palu terdapat 78 sebaran titik api di wilayah sulawesi tengah (Sulteng).  Hal itu terungkap berdasarkan hasil dari pantauan sensor MODIS (satelit terra dan aqua) pada minggu (11/10).

Kepala seksi observasi dan informasi BMKG Mutiara Palu, Warjono mengungkapkan daerah sebaran titik api tersebar Palu – Berdasarkan badan Meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) mutiara palu terdapat 78 sebaran titik api di beberapa daerah seperti kabupaten Banggai, kabupaten Banggai kepulauan, kabupaten Banggai laut, kabupaten Buol, kabupaten Morowali, kabupaten Morowali utara, kabupaten Parigi Mautong, kabupaten Poso, kabupaten Sigi dan kabupaten Tojo Una-Una.

“kemarin (minggu, red) hingga tadi malam terpantau 78 titik api di sulteng.

Untuk pantauan titik api pada hari ini (senin,red) akan keluar datanya pada malam harinya,”ucap Warjono kepada Radar Sulteng, Senin (12/10).

Lanjut warjono, dari 78 sebaran titik api daerah yang paling bnyak mempunyai sebaran panas tersebut dibandingkan dengan yang lain itu berada di kabupaten banggai 28 titik dan kawasan Bualemo mendominasi dengan 8 titik api. Sisanya ada 28 titik api di Kabupaten Morowali paling banyak di Bungku Utara, dan 15 titik api di Tojo Una-Una, yang paling banyak di Ulubongka dengan 8 titik api.

“ini Tojo Una-Una titik apinya paling besar-besar, dan paling sering tedapat titik api,”sebutnya.

Ia menambahkan, Sebaran titik api yang mendominasi di wilayah timur dari pulau sulawesi itu kemungkinannya tidak akan sampai memasuki wilayah Sulteng atau khususnya di kota Palu. Hal tersebut di akibatkan wilayah di bagian Donggala setiap harinya terjadi hujan.

“kalaupun ada asap akan dibersihkan dengan hujan. Asap akan menghilang karena ada hujan dan angin. Kalau sampai ada asap sangat kecil sekali tidak seprti yang kemarin,”jelasnya.

Ia mengungkapkan, khususnya untuk daerah kabupaten Banggai, kabupaten Tojo una-una dan Kabupaten Morowali diperkirakan curah hujan akan terjadi nanti di bulan November, Desember atau Januari.

“di daerah sana masih kering, berbeda dengan Donggala yang sudah mulai ada curah hujanya walaupun intesitasnya ringan,”tandasanya. (acm)

Sumber : Radar sulteng,Selasa, 13 October 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: