jump to navigation

Pemkot Dinilai Lakukan Pembiaran Tambang Poboya Oktober 9, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU – Pernyataan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Palu Ir Musliman MM pada pekan lalu, yang berencana menerbitkan tambang emas Poboya dinilai hanya kamuflase. Dari dulu, pemerintah kota palu maupun lembaga Wakil Rakyat tidak serius menyikapi Penambangan emas di Poboya.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tengah Ahmad Pelor mengatakan inkonsestensi Pemerintah kota terlihat sejak 2008 dimana Tambang Poboya baru dibuka. Saat itu, Pemkot bersama forum terkait termasuk aparat penegak hukum duduk bersama ingin menertibkan tambang. “Saat itu Penambang baru sedikit, dan baru ada dua lubang. Kesepakatannya akan dilokalisir agar bisa diawasi,” ujarnya kemarin (6/10) di Kantor Walhi Sulteng.

Menurutnya, Penertiban Poboya harus sejak dari dulu dilakukan, saat Penambang sedikit. Ketika penambang makin banyak maka makin susah diatur. “Apalagi sekarang sudah ada alat berat sebagaimana diinformasikan media,” jelasnya.

Selain Pemkot Pemerintah Provinsi juga juga turut andil membiarkan Penambang Poboya Berjalan terus. Pasalnya, Pemprov juga membentuk tim sekitar dua tahun lalu. “Sama juga, tidak ada tindaklanjutnya,” katanya.

Masuknya Perusahaan alat berat kelokasi penambang emas, jelas Ahmad Pelor, membuktikan bahwa pemerintah membiarkan kegiatan penambangan emas tanpa izin. “Inikan sangat aneh, dibiarkan bertahun tahun,” jelasnya.

Walhi menilai suburnya penambang emas di Poboya bukti tidak adanya kepedulian pemerintah mengenai nasib warga di Poboya dan sekitarnya. “Karena perusahaan tambang itu turut membangun dan membantu. Jika seperti itu, Pemerintah harus malu karena itu tugasnya pemerintah,” jelasnya. (bar)

Radar Sulteng*Rabu, 7 Oktober 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: