jump to navigation

Anggota DPRD Sulteng Minta Kapolda Sikapi Reklamasi Oktober 9, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU – Anggota DPRD Sulteng Maskur menilai persoalan reklamasi seharusnya disikapi serius Polda Sulteng. Pernyataan sikap Kapolda dinilai tidak menghargai kelompok masyarakat seperti akademisi, pemerhati lingkungan bahkan pakarnya. Bahkan menurut Maskur, saran Ombudsman pun dicuekin.

Maskur yang merupakan senior PBHR ini meminta Kapolda sikap mereka itu seharusnya direspon baik. Bukan dengan dalih tidak ada aduan masyarakat. “Itu pelanggaran di depan mata didiamkan. Bukankah itu ada saran dari Ombudsman, lantas tidak dihentikan reklamasinya. Bukankah ada surat teguran dari mendagri. Toh tidak diindahkan. Lantas siapa yang lebih tinggi Mendagri atau Wali Kota,” jelasnya kepada Radar Sulteng kemarin (8/10) di kantor DPRD Sulteng.

Maskur mengatakan, persoalan reklamasi bukan persoalan sepele. Persoalan tersebut telah ditanggapi pakar yang berkompoten. Penilaian Ombudsman juga bisa dijadikan kajian bagi Kapolda agar reklamasi perlu disikapi. “Mesti direspon baik aparat penegak hukum. Bukan lantas tidak ada soal atau itu kebijakan Pemda. Para pakar juga telah mengeluarkan pendapatnya,” jelasnya.

Dilain pihak, bisa jadi persoalan reklamasi itu bukan persoalan delik aduan. “Tanpa laporan masyarakat pun Polda bisa melakukan upaya penegak hukum,” jelasnya.

Terpisah, assisten Ombudsman RI Perwakilan Sulteng Nasrun, mengatakan reklamasi menyalahi aturan main. Dari investigasi yang dilakukan Ombudsman, terdapat maladministrasi, indikasi penyalahgunaan kewenangan bahkan pidana. Saran Ombudsman yaitu reklamasi dihentikan sebelum aturan judisialnya dilengkapi. “Itu sudah saran kami,” jelas Nasrun kemarin (8/10) usai menghadiri Diskusi Publik di Unisa.

Saran yang dikeluarkannya itu telah disampaikan ke mendagri. Mendagri telah memperingatkan sama dengan saran Ombudsman. Reklamasi harus mengikuti aturan. Jika tidak ikut maka itu wewenang lembaga penegak hukum selaku eksekutor bukan lagi Ombudsman. (bar)  Radar Sulteng*Jumat, 9 Oktober 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: