jump to navigation

Daerah Watusampu dan Tipo Rawan Longsor Oktober 3, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Daerah Watusampu dan Tipo Rawan Longsor

PALU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Asri SH, menyebutkan daerah sekitar kelurahan Tipo dan Watusampu berpotensi longsor. Sebagaimna diketahui daerah tersebut merupakan kawasan galian C yang saat ini tengah digencar-gencarkan pengerukaN galian C.

Kapada Radar Sulteng, Asri menyebutkan bahwa potensi bacana di Palu termasuk beberapa daerah perbukitan di Palu, yang Paling dikhawatirkan adalah Tipo dan Watusampu. “Disana itu sangat berpotensi longsor,” jelasnya.

Menurut Asri, sesuai dengan potensi bencana di Palu, longsor termasuk salah satu didalam kajian risiko bencana Palu dan Donggala, selain gempa bumi dan tsunami. Berdasarkan Sejarah, jelasnya, tsunami kerap terjadi di Palu dalam kurun waktu tertentu, seperti pada tahun 1927,1938,1907. “Tahun 1927 sebelum tsunami, terjadi gempa 5,5 SR. Kemudian tahun 1938 di bagian mamboro sampai Tondo di Boya. Tahun 1907 di Watusampu,” ujarnya.

Sebagaimana hasil dari pertemuan dengan BPBD pusat belum lama ini, jelasnya, potensi bencana di Palu termasuk juga juga wabah penyakit, Banjir, dan kebakaran. “Dari Semua potensi  bencana itu kami petakan,” sebutnya.

Dari hasil pemetaan risiko bencana itu, kemudian dijadikan dasar bagi BPBD membuat rencana penanggulangan bencana. “Setelah ada risikonya, selanjutnya kami buat rencana penanggulangan bencana,” jelasnya. (bar) Radar Sulteng # Sabtu, 3 Oktober 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: