jump to navigation

Sikap Tegas Polisi Dipertanyakan Terkait Aktivitas Pengerukan Material Reklamasi Tak Berizin Oktober 2, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU – Belum adanya langka dan sikap tegas kepolisian terkait adanya pengerukan untuk material reklamasi Pantai Talise di Tipo yang di duga tidak memiliki izin kembali dipertanyakan masyarakat Tipo.

Penegak Hukum (Kepolisian, red) dinilai terkesan lakukan pembiaran terhadap Perusahaan CV Tri Mitra Sejati yang terus melakukan aktivitas pengerukan material diwilayah tipo. Padahal sejumlah pihak sudah membeberkan sejumlah bukti tidak adanya izin pengerukan material untuk reklamasi, salah satunya  sepertinya yang diungkapkan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulteng soal surat Rekomendasi dari KPK untuk penghentian dan mencabut izin pengerukan material di wilayah tipo.

Sejumlah Masyarakat yang mewakili Warga Tipo, mengungkapkan, seharusnya pihak kepolisian dapat mengusut dan menghentikan perusahaan yang sudah melanggar aturan tersebut. Bahkan Walhi Sulteng sudah menyatakan bukti adanya surat rekomendasi dari KPK yang memintah Pemerintah Kota Palu dan instansi terkait untuk mencabut izin tersebut. “Perlu diketahui pihak Perusahaan yang melakukan pengerukan salam ini tidak melalui persetujuan warga. Polisi seharusnya sudah bersikap. Kenapa ada potensi pelanggaran hukum polisi hanya diam, ada apa ini,” Kata seorang warga yang minta tidak menyebutkan namanya.

Bukan hanya itu,masyarakat juga mengharapkan kepada DPRD Kota Palu untuk memanggil semua instansi terkait, termasuk pemerintah Kota Palu untuk dipertanyakan kenapa hingga saat ini tidak mengindahkan rekomendasi dari KPK untuk mencabut izin perusahaan tersebut. “Kita harapkan DPRD segera memanggil pihak Perusahaan itu, juga memanggil instansi terkait untuk menelusuri segalah aturan dan izin Pengerukan material untuk reklamasi di kelurahan Tipo,” tegasnya.

Masih menurut warga yang terus memperhatikan bahaya lingkungan mereka, masyarakat juga meminta kepada kadis Pertambangan Kota Palu untuk dapat mematuhi hasil hearing antara DPRD dengan Dinas Pertambangan untuk menghentikan aktivitas Pengerukan material di wilayah Tipo. “Kita tidak setuju pengambilan material di wilayah kami karena wilayah kami adalah wilyah rawan bencana longsor,” tegasnya.

Warga lainnya juga meminta DPRD harus tegas kapada Pemerintah Kota Palu. DPRD diminta untuk segera dengan tegas memanggil Dinas-Dinas terkait untuk dapat memeriksa perizinan CV Tri Mitra Sejati.” Kami Masyarakat berharap banyak kepada DPRD Palu agar dapat membawa aspirasi masyarakat Tipo untuk segera menghentikan aktivitas pengerukan material reklamasi. Jangan sampai terjadi bencana di daerah kami,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Maneger Advokasi dan kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulteng, Aries Bira mengungkapkan, 11 Perusahaan Tambang yang ada di Kota Palu tersebut, telah direkomendasikan untuk dicabut  izinnya oleh KPK, karena dianggap bermasalah. Baik dari segi pengelolaan lingkungan maupun potensi merugikan negara. “Rekomendasi KPK tersebut turun pada april 2015,” terang Aries.

Walhi sendiri mengetahui hal itu, karena turut bekerjasama dengan korsup minerba yang dibentuk oleh KPK RI. Disebutkan Aries, kesebelas Perusahaan tambang itu salah satunya CV Tri Mitra Sejati yang merupakan Penyuplay material galian C ke lokasi reklamasi Teluk Palu yang merupakan sub kontraktor dari PT Yauri Properti Investama.

Yang jadi pertanyaan, sebut Aries, dari rekomendasi KPK tersebut apakah telah ditindaklanjuti oleh Pemkot Palu yang berwenang mengeluarkan iup. Sebab nyatanya dilapangan CV Tri Mitra Sejati masih terus melakukan aktifitas menyuplay material untuk kepentingan reklamasi. Perusahaan itu sendiri, lanjut dia, dalam IUP bernomor 543/1120/PU ESDM/2010 tercatat melakukan Pertambangan emas, bukan galian C. “Namun lapangan Perusahaan ini malah bergerak di bidang tambang galian C dan menyuplay material kelokasi reklamasi,” Sebut Aries. (nto/aggRadar Sulteng*Rabu,30 September 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: