jump to navigation

Reklamasi Pantai Talise Resahkan Nelayan Oktober 2, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

PALU – Reklamasi Pantai Teluk Palu semakin hari, semakin menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh terhadap lingkungannya. Salah satu dampak yang terlihat adalah, keberadaan nelayan yang berada di kelurahan Talise.

Sejumlah nelayan yang sehari-hari menangkap ikan di seputaran wilayah Teluk Palu, kini harus melaut hingga kelaut lepas. Bahkan untuk menangkap ikan, nelayan butuh waktu berhari-hari bahkan harus bermalam di laut lepas. Hal itu diungkapkan, seorang nelayan Talise, Ishak Adam (52).

Ishak mengatakan, dampak dari reklamasi Pantai ini sangat berpengaruh bagi dirinya serta teman-teman seprofesi lainnya. Tangkapan ikan laut menjadi menurun, dimana sebelum ada reklamasi, semalam ia bisa menangkap seratus ekor bahkan lebih, kini semenjak ada timbunan di sekitar Pantai Talise, ia hanya bisa menangkap puluhan ekor saja, bahkan kadang lebih kurang lagi. “Akibat dimulainya penimbunan, Rompong nelayan juga sudah mulai berkurang. Bahkan sudah tidak ada,” ungkapnya, kamis (1/10).

Bukan hanya itu, akibat penimbunan tersebut  tempat untuk tambatan perahu nelayan sekarang ini sudah tidak ada. Membuat para nelayan terpaksa menyimpan parahu dilaut. Akibatnya perahu terlalu lama dilaut bisa cepat rusak bahkan hancur.

Masih menurut ishak akibat berkurangnya tangkapan ikan dan untuk mengisi waktu kosong ia harus mencari pekerjaan lain yakni menjadi kuli bangunan untuk menambah pendapatannya.

“Kalau tidak kerja lain darimana saya dapat uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan biaya anak-anak saya yang masih sekolah,” ungkapnya.

Ayah enam anak ini mengaku, bahwa ia sangat mendukung semua program pemerintah. Namun jangan hanya programnya saja yang dipikirkan, tetapi masyarakat yang dikorbankan. “Masyarakat seharusnya juga harus diperhatikan,” tandasnya. (ndr)  Radar Sulteng*Jumat, 2 Oktober 2015

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: