jump to navigation

Warga Tipo Tetap Tolak Pengerukan Material September 8, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
trackback

Rabu, 22 Januari 2014

Yang Akan Digunakan Untuk Timbunan Reklamasi Pantai Talise

PALU – Sejumlah tokoh masyarakat dari Kelurahan Tipo, menggelar pertemuan di ruangan  Asisten I Pemerintah Kota Palu, Selasa kemarin (21/1). Agendanya, adalah penyampaian aspirasi masyarakat yang menyatakan menolak pengerukan material di Kelurahan Tipo.
Dalam pertemuan tersebut warga Tipo menilai bahwa izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal)terkait izin  Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL), serta izin pertambangan pengerukan material yang dilakukan di wilayah Kelurahan Tipo tidak sesuai prosedur dan sesuai aturan yang seharusnya.
Olehnya, warga tetap bersikeras menolak adanya pengambilan material yang akan digunakan untuk Reklamasi pantai Talise tersebut.
Ketua RW 02 Kelurahan Tipo, Faisal mengaku bahwa tindakan instansi terkait yang mengeluarkan izin dalam hal ini izin pertambangan, serta izin Amdal terkait izin UPL dan UKL jelas melanggar.  Pasalnya dalam mengeluarkan izin tersebut, instansi terkait tanpa sepengetahuan dan belum ada kesepakatan warga setempat. Ditambah lagi, instansi terkait dalam hal ini UPT Pertambangan Kota Palu, menggunakan lokasi pengerukan milik warga Tipo yang dibeli dari warga Kalora.
“Ini sudah jelas melanggar. Bahwa lokasi pengerukan itu masuk di wilayah Tipo namun kenapa lokasi yang saat ini dilakukan pengerukan dibeli dari warga Desa Kalora. Padahal jika terjadi apa-apa kita warga Tipo lah  yang terkena imbasnya. Parahnya lagi, pihak Perusda melakukan pengerukan itu tanpa persetujuan dan sepengetahuan warga,” tandasnya.
Sementara Kabid Pertambangan Musliman Mallappa, saat diminta keterangan Asisten I Pemerintah Kota(Pemkot)Palu, Drs Arfan, menjelaskan, lokasi pengerukan material yang ada di wilayah Tipo memang benar dibeli dari masyarakat Kelora, sehingga Dia memohon maaf kepada masyarakat Tipo atas beberapa prosedur yang dilakukannya yang tidak sesuai.
“Memang kita akui bahwa lokasi yang ada di wilayah Tipo kita beli dari warga Kalora, namun untuk izin kami telah memiliki Amdal yang dikeluarkan oleh BLH dan ini jelas sudah dilakukan pengkajian terlebih dahulu. Terbukti  BLH mengeluarkan rekomendasi bahwa tidak berbahaya karena sudah dalam proses kajian,” jelasnya.
Menurut Musliman, selain itu proses pengerukan juga sudah mendapat rekomendasi dari Dinas Kehutanan. Berdasarkan rekomendasi itulah sehingga dihimpun dalam satu perizinan dan diterbitkannya SK Wali Kota.
“Jadi kami rasa ini sudah cukup dan sudah sesuai prosedur,” ujarnya.
Sementara itu mewakili dari Perusda Kota Palu, Sahid dalam kesempatan tersebut juga meminta maaf karena Persuda telah melakukan pengerukan sebelumnya yang tidak sesuai prosudur atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Kami minta maaf jika selama aktivitas yang sudah berjalan, kami belum berkoordinasi dulu kepada masyarakat, sehingga kemungkinan ada hal-hal yang kami laksanakan menggajal di hati masyarakat Tipo,”ujarnya.
Sementara Asisten I Arfan, menyayangkan pihak Perusda yang telah melakukan pengerukan padahal belum sesuai dengan aturan yang berlaku. Akibatnya instansi terkait mulai dari pihak kelurahan, kecamatan di beberapa instansi saling berbenturan.
Dalam pertemuan kemarin, disarankan kepada Perusda, untuk sementara menghentikan aktivitas pengambilan material sampai ada persetujuan dari warga.
Selanjutnya butuh kajian-kajian lingkungan yang erat dengan keberlangsungan dampak lingkungan yang akan terjadi, jika sampai pengerukan tetap berjalan. Perusda wajib memberikan semacam CSR kepada masyarakat sekitar agar dalam pengambilan material tidak ada yang dirugikan.
“Olehnya beberapa saran ini mungkin bisa dipertimbangkan bersama sebagai solusi penyelesaian permasalahan ini,”
http://www.radarsulteng.co.id/index.php/berita/detail/rubrik/41/14367
http://www.radarsulteng.co.id/index.php/berita/detail/rubrik/41/14367harapnya.(nto)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: