jump to navigation

Warga Demo Tuntut Bupati Donggala Mundur Agustus 14, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
Tags:
trackback

Warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Donggala (AMPD) saat menggelar aksi didepan Kantor DPRD Donggala. (Foto : Mohamad Yayan Lamasuku)

“Kami meminta agar bupati dan wakil bupati turun dari jabatannya karena berdasarkan hasil audit BPK-RI Sulteng, banyak ditemukan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Galian C di Donggala cacat hukum,” – Rahman S Latif, Koordinator Aksi –

Pendemo Tuding ada 52 IUP Galian C tidak Penuhi Syarat

Donggala, Metrosulawesi.com – Seratusan warga Donggala yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Donggala (AMPD), Selasa (11/8) menggelar aksi demonsrasi di Kantor DPRD Donggala, menutut agar Bupati dan Wakil Bupati Donggala turun dari jabatannya.

“Kami meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati turun dari tahtanya, karena selama ini tidak mampu memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Donggala,” kata koordinator aksi  Rahman S. Latif dalam orasinya.

Dia menuturkan, alasan pihaknya meminta agar bupati dan wakil bupati turun dari jabatannya karena berdasarkan hasil audit BPK-RI Sulteng, banyak ditemukan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Galian C di Donggala cacat hukum. Disebabkan oleh ulah bupati yang tidak selektif menertibkan aturan.

“Turunkan Kasman Lassa dan wakilnya, bupati perusak lingkungan, tangkap koruptor Donggala, Gubernur jangan tinggal diam,” tegasnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil rapat Panitia Khusus (Pansus) I laporan hasil pemeriksaan BPK-RI terhadap LKPD Kabupaten Donggala anggaran 2014, menemukan banyak kerugian keuangan daerah dan negara.

Kata dia, kesalahan yang dilakukan bupati dan wakil bupati yang pertama adalah, pengendalian internal terhadap pengeluaran dana kas daerah lemah. Dan terdapat penyalahgunaan kas daerah sebesar 200 juta lebih.

“Adanya 52 IUP Galian C yang tidak memenuhi persyaratan. Namun, tetap mengeluarkan IUP-nya. Kemudian, adanya dugaan kerugian keuangan daerah dan Negara yang dilakukan oleh Koni Donggala sebesar Rp 400 juta lebih,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Donggala yang menerima para demonstran mengatakan, bahwa pihaknya berjanji akan menindak lanjuti tuntutan masyarakat.

“Kami sudah melakukan apa yang menjadi tugas kami, dan tuntutan ini akan kami tindaklanjuti,” kata Abdul Rasyid Wakil Ketua I DPRD Donggala.

Dia menambahkan, terkait masalah tambang dan masalah temuan BPK-RI tentang keuangan Negara, telah dilakukan tindak lanjut. Yakni,  memanggil Kepala SKPD terkait dengan memerintahkan menyelesaikan seluruh temuan BPK RI Perwakilan Sulteng.

http://metrosulawesi.com/article/warga-demo-tuntut-bupati-donggala-mundur

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: