jump to navigation

Terdakwa Illegal Logging H Dolla Belum Dieksekusi Agustus 3, 2015

Posted by walhisultengnews in Tak Berkategori.
Tags:
trackback

Putusan PN Palu Berkuatan Hukum Tetap

PALU – Proses sidang yang dijalani terdakwa kasus illegal logging H Dolla  di Pengadilan Negeri (PN) Palu, beberapa  waktu lalu, telah putus. Sebagaimana data yang didapatkan Koran ini, dan menurut salah satu panitera di PN Palu, saat menjalani sidang putusan, terdakwa berhalangan hadir karena kondisi terdakwa yang kurang sehat.
 Namun,  meski berhalangan hadir, saat itu majelis hakim  yang mengadili dan memeriksanya tetap membacakan putusan terdakwa. Bahkan dalam putusannya terdakwa dinyatakan terbukti bersalah. Kini publik menanyakan kelanjutan dari proses hukum terdakwa tersebut, apakah ada upaya banding karena putusan majelis PN Palu tersebut telah berkekuatan hukum tetap (inckraht).
“Karena jika banding berarti berproses di Pengadilan Tinggi dan tentunya putusannya sudah keluar. Tapi kalau tidak ada upaya banding berarti putusannya tentu telah inckraht dan terdakwa seharusnya menjalani eksekusi, tapi belakangan ini terdakwa terlihat kesana kemari bahkan saya pernah melihat di salah satu SPBU di Kota Palu,” ungkap sumber yang mempertanyakan proses hukum terdakwa Illegal Logging tersebut tanpa harus menyebutkan namanya.
Dihubungi terpisah, Selasa (28/7) baru-baru ini, Norma Andi Masse SH, yang merupakan kuasa hukum terdakwa mengakui kasus yang menjerat terdakwa H Dolla telah putus. Namun putusan yang dijatuhkan majelis hakim tersebut masih belum berkekuatan hukum tetap (Inckraht) karena terdakwa mengajukan upaya banding atas putusan itu. “Ia sudah putus, tapi belum inckrah, karena ada upaya banding,” ungkapnya kepada Radar Sulteng.
Di akui Norma, putusan terdakwa H Dolla, dibacakan bersama beberapa terdakwa lainnya. Bahkan katanya diantara beberapa terdakwa lainnya itu juga ada yang mengajukan upaya hukum banding. Upaya hukum banding itu diajukan ke Pengadilan Tinggi Sulteng, melalui PN Palu.
Sementara Jaksa Andi Nur Intan SH yang pernah bertindak selaku penuntut umum terhadap terdakwa H Dolla, menjelaskan belum mengetahui pasti apakah terdakwa H Dolla bersama kuasa hukumnya mengajukan upaya hukum banding atau tidak terkait putusan PN Palu tersebut.
 “Nanti saya mau koordinasikan dulu dengan kuasa hukum terdakwa, apakah ada upaya banding atau tidak,” ujarnya di konfirmasi, Kamis (30/7) kemarin.
  Sebelumnya Jaksa di Kejati Sulteng juga pernah dihubungi Selasa (28/7). Ketika itu dia juga mengakui hal yang sama yakni tidak mengetahui sajauh mana proses hukum terdakwa H Dolla. Tetapi dia mengakui bahwa di PN Palu, terdakwa telah diputus dan divonis bersalah. “Kalau tidak salah, terdakwa itu dituntut satu tahun, dan divonis juga oleh majelis hakim satu tahun penjara, untuk lebih jelasnya coba koordinasikan dengan panitera,” tutup Intan sembari menyarankan saat itu. (cdy)
Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: