jump to navigation

Banjir kembali ancam Desa Bunta-Tompira Mei 14, 2015

Posted by walhisultengnews in BENCANA.
trackback

Kolonodale, Metrosulawesi.com – Baru dua hari kembali menempati rumahnya setelah mengungsi di balai desa akibat dihantam banjir, kini warga Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara, bersiap-siap untuk kembali ke balai desa lagi.

Kepala Desa Bunta, Alfred S Pantilu yang ditemui Metro Sulawesi mengatakan mulai Senin pagi (11/5) permukaan air kembali naik setinggi 10 cm. Bila terus terjadi hujan di hulu Sungai La’a di Mori Atas, maka besar kemungkinan akan kembali terjadi banjir besar.

“Kami mengimbau warga yang baru kembali ke rumahnya, untuk berjaga-berjaga jika Sungai Laa kembali meluap untuk segera mengungsi ke balai,” ujarnya.

Hal yang sama juga menimpa puluhan rumah di Desa Tompira, tetangga Desa Bunta. Saat Sungai Laa meluap jalan poros Trans Sulawesi yang menghubungkan dua desa ini tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, sehingga harus menggunakan perahu.

Kegiatan warga Desa Bunta saat ini selain memancing, sebagian besar warga berkumpul untuk memoles batu akik dan hasilnya dijual untuk menambah biaya hidup yang diperoleh dari bantuan pemerintah.

Menurut kades, bantuan beras baru dua hari tiba dan disalurkan pada masyarakat yang dilanda banjir.

Sementara itu Humas PT Agro Nusa Abadi (ANA), Rahman Dayan, mengemukakan areal perusahaan perkebunan kelapa sawit ini juga tergenang air sehingga hasil panen berkurang.

PT ANA juga memberi bantuan yang sama di dua desa masing-masing menerima beras 200 kg,  air mineral gelas 25 dos, telur ayam 10 rak, supermi 5 dos, minyak kelapa 25 liter, teh celup 10 dos kecap ABC 20 botol, gula 15 liter, sambal botol dan terpal 4 lembar.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: