jump to navigation

Walhi Sulteng: Rekomendasi Gubernur Terkait Reklamasi Melanggar Aturan Mei 12, 2015

Posted by walhisultengnews in AKTIVITAS WALHI SULAWESI TENGAH, KAMPANYE WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback

Palu, Metrosulawesi.com – Dalam pendokumentasian Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tengah, terkait reklamasi Teluk Palu, ditemukan bahwa Gubernur Sulteng Longki Djanggola, ikut memberikan rekomendasi terhadap reklamsasi Teluk Palu. Hal ini menjadi pertanyaan Walhi yang disampaikan  oleh Manejer Advokasi dan Kampanye Eksekutif Daerah Walhi Sulteng Aries Bira, Rabu (15/4).

“Longki Djanggola sebagai Gubernur Sulteng mengeluarkan rekomendasi atas rencana reklamasi tersebut,  ini dibuktikan dengan surat nomor :  503/52/RO.ADM EKON.  Tertanggal 25 Oktober 2012. Jika mengacu pada peraturan Presiden no  122 tahun 2014, bahwa rekomendasi dikeluarkan atas kesesuaian dengan RTRW,” ujar Aries.

Menurutnya, dalam RTRW Kota Palu tahun 2011 – 2031, tidak mengakomodir peruntukan ruang dan tidak mendeliniasi kawasan reklamasi Teluk Palu dalam rencana pola ruang.

“Ini terang, bahwa rekomendasi yang dikeluarkan oleh gubernur tersebut telah melanggar peraturan yang ada,” kata Aries menambahkan.

Sampai saat ini tidak diketahui apa landasan Gubernur Sulteng mengeluarkan rekomendasi tersebut. Menurutnya, belum ada undang-undang atau peraturan yang mengatur dalam pemberian rekomendasi tidak memperhatikan kesesuaian antara rencana reklamasi dan pola ruangnya.

Dalam amatan Walhi Sulteng, reklamasi Teluk Palu telah mengabaikan rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Dalam Negeri dan rekomendasi dari Ombudsman perwakilan Sulawesi Tengah.

“Tentunya rekomendasi gubernur itu sudah melanggar ketentuan pasal 351 ayat 4 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa kepala daerah wajib melaksanakan rekomendasi Ombudsman,” pungkasnya.

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: