jump to navigation

Kapolres Bantah Hentikan Pengusutan Kayu Hitam Mei 12, 2015

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Kolonodale, Metrosulawesi.com – Sebanyak 34 panggal atau 2,5 kubik kayu hitam (ebony) yang berasal dari pegunungan Desa Wawopada, Kecamatan Lembo, Morowali Utara, kini diamankan di halaman Mapolres Morowali.

Kapolres Morowali, AKBP Edwan Syaiful, Sik yang ditemui, pekan lalu di Mapolres Korowou, mengatakan, pihaknya telah memanggil memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan.

“Kasus penebangan ebony di Desa Wawopada ini kami usut dari bawah sehingga membutuhkan waktu cukup lama. Tapi percayalah masalah ini pasti tuntas,” jelasnya.

Kapolres menegaskan isu tentang penghentian pengusutan kasus ini tidak benar sama sekali. Kasus ini tidak mungkin dihentikan, apalagi sudah ada barang bukti.

“Bagaimana mau dihentikan. Barang bukti kayu hitam 34 panggal atau 2,5 kubik ada di halaman Polres,” ujarnya.

Menurut Kapolres, kasus yang sama terjadi di Desa Sampalowo, Kecamatan Petasia Barat. Aparat kepolisian sempat menyita enam unit sensor yang digunakan untuk melakukan penebangan kayu hitam. Namun barang bukti berupa kayu tebangan dan orang-orangnya sudah meloloskan diri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Kehutanan Kabupaten Morowali Utara, Ir Sulsofyan Lamandasa yang ditemui secara terpisah membenarkan adanya pengamanan 34 panggal kayu hitam hasil tebangan liar di Desa Wawopada di halaman Mapolres Morowali.

Pihaknya minta bantuan penyidik Polres karena di intansi yang dipimpinnya belum ada penyidik khusus di bidang kehutanan.

Menyinggung soal 34 panggal kubik kayu hitam yang diamankan Polres bekerja sama dengan Polhut setempat, Kadis mengatakan akan dibentuk panitia lelang dimana hasil lelang tersebut akan disetorkan ke kas negara.

Seperti diketahui, masyarakat bersama anggota BPD Desa Wawopada Kades, Kapolres, Pemda, dan Camat Lembo telah diundang oleh Komisi II DPRD Morut yang dipimpin Ketua Komisi Jabar Lahadji untuk mencari solusi penyelesaian kasus penebangan kayu hitam tersebut.

Dalam pertemuan itu Kapolres AKBP Edwan Syaiful, Sik menjanjikan akan menuntaskan penebangan kayu hitam yang menghebohkan warga Desa Wawopada itu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: