jump to navigation

FPR KECAM TINDAKAN PIHAK KEPOLISIAN DI KABUATEN BUOL September 6, 2010

Posted by walhisultengnews in KAMPANYE WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback

FPR KECAM TINDAKAN PIHAK KEPOLISIAN DI KABUATEN BUOL

PALU-Front Perjuangan Rakyat Sulawesi Tengah (FPR Sulteng), Mengecam tindakan pihak kepolisian sektor Biau, Kabupaten Buol. Terkait dengan penembakan 28 orang warga dan mengakibatkan 6 orang warga yang meninggal dunia akibat terkena tembakan saat melakukan protes di depan kantor kepolisian tersebut.

“Kepolisian gagal dalam mengemban tugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat padahal dalam UU No. 2 Tahun 2002 kepolisian sebagai alat negara yang diberi tugas untuk melindungi masyarakat bukan malah menembaki masyarakat dengan berbagai macam alasan”,Kata Gifvents lasimpo koordinator Komite Kampanye Front Perjuangan Rakyat Sulawesi Tengah kepada media ini (1/09/2010).

Menurut Gifvents, ini adalah bukti ketidak profesional pihak kepolisian dalam menangani gejala sosial yang terjadi dimasyrakat, Letak ketidak porfesionalnya polisi dapat kita lihat saat melakukan pengamanan masih sering menggunakan moncong senjata untuk menyelesaikan masalah ini yang harus menjadi perhatian pihak kepolisian di sulteng.

‘Hal tersebut sebenarnya sudah sering terjadi bukan hanya di Kabupaten Buol melainkan banyak juga di daerah lain pihak kepolisian selalu mempertontokan kekerasan dalam menangani masalah”

Dia juga menambahkan, Peristiwa penembakan tersebut sudah tidak logis karena dari 6 orang korban meninggal rata-rata tertembak di kepala dan diperut, selain itu dari beberapa korban yang masih ada di rumah sakit umum Buol sampai sekarang masih dalam kondisi traumatik dan ada yang kondisinya kritis, hal ini juga dapat dimasukan dalam kategori pelanggaran HAM.ungkapnya

oleh karena itu Front Perjuangan Rakyat menyatakan sikap :
1. Tindak tegas tindakan aparat kepolisisan sektor Biau Kabupaten Buol yang lalai dalam menajalankan tugasnya dan menimmbulkan korban jiwa
2. Copot Kapolda, Kapolres buol, dan Kapolsek Biau
3. Hentikan kekerasan terhadap masyarakat dalam melakukan protes.

FRONT PERJUANGAN RAKYAT (FPR)
FMN,SPHP,KPPA,KONTRAS,AGRA,STS,STS,LBH-SULTENG,WALHI-SULTENG,PEI
Sekretariat :Jl. Yojokodi No.14 KAV 1Lantai 2 RT 06 RW 02 Kelurahan Besusu Tengah KEc, Palu Timu

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: