jump to navigation

Korban Tewas Bentrok di Buol, Sulteng Menjadi Dua Orang September 1, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

BUOL- Korban tewas dalam bentrokan antara polisi dan ribuan warga yang menyerang markas Kepolisian Sektor Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah Selasa (31/8) malam menjadi dua orang akibat terkena tembakan.

Korban tewas terakhir yang dilarikan ke RSUD Buol pada Rabu dini hari bernama Ridwan, warga Kelurahan Leok, dengan luka tembak di kepala. Korban diduga sudah tewas di lokasi bentrokan sebelum dievakuasi ke rumah sakit.

Korban tewas sebelumnya bernama Amran Abjalu (19), warga Kelurahan Kali, dengan luka tembak di bagian mata. Dua korban kritis masing-masing bernama Firman, warga Kelurahan Kali dan Irfan, warga Leok, dalam keadan kritis.

Dr Mariaty, dokter piket RSUD Buol kepada wartawan di Buol mengatakan, total korban yang saat ini berada di rumah sakit pemerintah itu berjumlah 17 orang.

“Dua tewas, dua kritis, lainnya luka-luka,” kata Mariaty.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol. M Amin Saleh membenarkan tewasnya kedua korban tersebut dan mengatakan, di pihak polisi juga ada enam orang yang mengalami luka-luka.

Situasi di Kota Biau, Ibu Kota Kabupaten Buol sampai berita ini diturunkan masih mencekam, namun tidak ada lagi bentrokan tetapi kerumunan warga di beberapa tempat masih terlihat.

Sekitar 3.000 warga yang datang dari Kelurahan Buol, Leok, Kulango, dan Kali menyerbu Kantor Polsek Biau Selasa malam. Mereka tidak menerima tewasnya Kasmir Timumun, seorang tukang ojek di tahanan Polsek Biau pada hari Senin (30/8).

Kasmir terlibat kecelakaan lalu lintas dengan seorang anggota kepolisian di kota itu menyebabkan ia ditahan, namun hari Senin Kasmir tewas di tahanan yang diduga akibat penganiayaan.

Sehari sebelum tewas, Kasmir sempat dijenguk keluarganya di sel Polsek setempat dan ia mengaku kepada keluarganya itu bahwa ia mendapat aniaya selama ditahan.

Selasa malam sekitar pukul 21.00 Wita, warga mendatangi Markas Polsek Biau yang terletak di Kelurahan Kali dan berdekatan dengan Kantor Bupati Buol.

Polisi yang jumlahnya ratusan orang membuang tembakan ke udara untuk mengendalikan situasi namun massa semakin beringas. (Ant)

http://hukum.tvone.co.id/mobile/read.php?id=43282
:

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: