jump to navigation

KPPU Periksa Projek Donggi Senoro Pemprov dan DPRD dinilai Gegabah Mendukung Agustus 31, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Media Alkhairaat
31 Agustus 2010

Palu-Koordinator Badan Pekerja Nasional Serikat Pekerja Hukum Progresif (BPN-SPHP) Agus Faisal Said menilai Pemprov dan DPRD Sulteng belum menunjukan kemampuan menangani projek donggi senoro dalam bentuk kedaulatan ecologi, ekonomi, dan sosial budaya didaerah ini.

Hal ini dibuktikan dengan adanya dugaan praktik persaingan usaha tidka sehat pada tender projek pengembangan gas donggi senoro yang saat ini ditangani Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Agus faisal kepada media senin malam mengatakan pihaknya telah mengingat pemprov dan DPRD Sulteng tidak gegabah memberi dukungan projek Donggi – Senoro sebab hingga saat ini belum pernah ada di sosialisasikan dokumen analisa mengenai dampak lingkungan.

“Apalagi mengingat kejadian beberapa kontrak bagi hasil minyak dan gas (migas) selama ini sering kali Pemerintah Indonesia rela kehilangan bagiannya hanya untuk menarik investor” kata agus faisal.
Ia mencontohkan kasus kontrak bagi hasil dengan Exxon Mobil di Blok Natuna D Alpha dengan pila bagi hasil Indonesia Nol Persen dan Exxon 100 Persen. Saat ini, 80 persen produksi minyak nasional berasal dari kontraktor perusahaan asing dan 20 persen dari perusahaan nasional.

Kasus Donggi-Senoro mencuat bermula dari laporan PT LNG Energi Utama yang menduga ada pelanggaran terhadap Undang-Undang no 5 Tahun 1999 Tentang Larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam proses beuty contest pembangunan LNG Donggi-Senoro yang dilakukan PT Pertamina (persero).

Dengan meneliti GSA (kontrak kerja sama) tersebut. LEU berharap KPPU dapat mempelajari perbandingan harga, baik harga jual gas maupun nilai projek pada saat tender, dengan harga yang disepakati didalam GSA sebagai bukti adanya predatory pratices dalam beuty contest. Penetapan harga yang sangat rendah (predatory prices) dalam tender diduga dilakukan oleh mitsubishi Corporation sebagai pemegang saham mayoritas PT Donggi-Senoro. (rifan)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: