jump to navigation

Puluhan Kali Gempa Mengguncang Toli Toli Agustus 30, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Media Alkhairaat
30 Agustus 2010

Toli-Toli. Berdasarkan catatan badan metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMG) station metereologi Lalos, kurun delapan bulan terakhir tahun 2010 ini, kota Tolitoli, puluhan kali diguncang gempa dengan kekuatan 3 sampai 4 SR. menurut kepala BMG station metereologi Lalos Tolitoli, Ahmad setiap bulannya sebanyak dua hingga tiga kali kota Toli Toli diguncang gempa dengan kekuatan 3 sampai 4 SR itu. “analisis berdasarkan radio enternet (ranet) kami, goncangan gempa dua hingga tiga kali setiap bulan” kata dia.

Ahmad mengatakan gempat yang seting kali mengguncang Tolitoli adalah jenis gempa tektonik. “berdasarkan pantauan alat kami setiap bulannya dilaut Tolitoli terjadi pergeseran lempengan hingga menyebabkan terjadinya guncangan, jelas dia. Dia mengatakan titik gempa tektonik itu ada disekitar laut Manado, Gorontalo, Tolitoli dan Palu. Dalam penjelasannya, kenapa laut Tolitoli termasuk mempunyai tektonik aktif, karena masih dilalui patahan lempengan yang memanjang dari laut kota Palu hingga Sulawesi Utara.

Ahmad menjelaskan kekuatan guncangan gempa tektonik di Tolitoli bisa mencapai 5 SR. untuk itu dikataknnya, masyarakat Tolitoli perlu mewaspadai hal itu, karena Tolitoli termasuk daerah rawan terjadinya bencana tsunami.

Menurutnya, guncangan gempa dengan kekuatan 2 sampai 3 SR yang terjadi kurun delapan bulan terakhir pada tahun 2010 ini masih pada batasan normal. “kami tidak mempublikasikan gempa yang hanya berkekuatan sampai 2 sampai 3 SR yang terjadi akhir akhir ini karena masih batasan normal”, kata dia. Dikatakannya, saat ini alat untuk pendeteksi gempa sudah terpasang dilaut Tolitoli, berguna untuk mengukur kekuatan gempa. “empat titik daerah rawan gempa ditempatkan alat pendeteksi gempa ditempatkan alat pendeteksi gempa. Salah satunya kota Tolitoli, ungkapnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: