jump to navigation

Surat Protes atas penangkapan dan intimidasi Aparat Kepolisian Kepada para Aktivis dan Petani di Kab. Banggai Mei 31, 2010

Posted by walhisultengnews in KAMPANYE WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback

PERNYATAAN SIKAP

Surat Protes atas penangkapan dan intimidasi Aparat Kepolisian Kepada para Aktivis dan Petani di Kab. Banggai

Pada tanggal 27 Mei 2010, pukul 16.00, tiga orang aktivis dari Front Rakyat Advokasi Sawit (FRAS) – Sulawesi Tengah yaitu Saudari Eva Susanti (Koordinator FRAS Sulteng), Nasrun Mbau, dan M. Arif (Ketua dan Anggota Persatuan Petani Singkoyo) ditangkap dan di tahan oleh Polres Banggai atas dugaan terlibat dalam aksi pengrusakan kantor, peralatan dan fasilitas perkebunan PT. Kurnia Luwuk Sejati (PT. KLS) pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2010.Wita, atas dugaan terlibat dalam aksi pengrusakan kantor, peralatan dan fasilitas perkebunan PT. Kurnia Luwuk Sejati (PT. KLS).

PERGERAKAN, sebagai organisasi yang memperjuangkan penguatan organisasi rakyat di Indonesia memandang penangkapan dan penahanan 3 aktivis tersebut merupakan upaya meredam dan mematikan protes-protes dan perlawanan kaum tani menentang kejahatan lingkungan yang dilakukan oleh PT. KLS dan PT. Berkat Hutan Persana milik Murad Husen. Kedua perusahaan tresebut sejak lama di ketahui sebagai perusahaan perampas tanah rakyat yang tidak segan-segan mengintimidasi dengan menggunakan preman, hingga memobilisasi aparat polisi dan TNI, untuk melindungi bisnisnya. Penangkapan dan penahanan para aktivis tersebut juga menjadi bukti nyata masih tunduknya hukum di bawah kuasa modal.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka PERGERAKAN menyatakan PROTES dan MENGECAM KERAS penangkapan dan penetapan Saudari EVA SUSANTI, NASRUN MBAU dan M.ARIF, dan meminta kepada pihak kepolisian untuk segera membebaskan tanpa syarat.

Demikian surat protes ini kami buat untuk menjadi perhatian semua pihak.

Hormat kami,

PERGERAKAN- people Centered Advocacy institute

Sapei Rusin

Ketua Badan Pelaksana PERGERAKAN

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: