jump to navigation

14 Gubernur Dunia Bahas REDD di Aceh Mei 27, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Governors’ Climate and Forest Forum 2010
14 Gubernur Dunia Bahas REDD di Aceh

17 Mei 2010 – 18:23 WIB
Zulfikar / Angga Haksoro

VHRmedia, Banda Aceh – Governors’ Climate and Forest (GCF) Forum yang digelar di Banda Aceh, 17-19 Mei 2010, akan membahas hak masyarakat lokal atas hutan. Hak pengelolaan hutan oleh masyarakat sekitar jarang dibahas oleh pemerintah dalam forum lingkungan dan perubahan iklim.

Forum perwakilan Gubernur dari sejumlah negara itu membahas dan merumuskan sejumlah aturan mengenai pengelolaan hutan dan perubahan iklam. ArnoldSchwarzenegger, Gubernur California, yang juga mantan bintang film Hollywood, batal hadir.

“Dalam pertemuan sebelumnya belum ada hasil konkret. Pertemuan di Aceh untuk merumuskan sesuatu sampai ada hasilnya,” kata Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Senin (17/5).

Masalah penting yang akan dirumuskan dalam pertemuan ini adalah memperjuangkan hak masyarakat lokal atas hutan dalam program Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD). Forum ini juga akan membahas rumusan menghitung stok karbon dan implementasinya dalam REDD.

Irwandi mengatakan, Pemerintah Aceh telah memberlakukan jeda penebangan hutan sejak Juni 2007. “Saya ikut menggagas forum GCF. Saya mengusulkan negara yang menjaga hutan harus mendapat penghargaan dan perhatian serius dari dunia.”

Penasihat Senior GCF, William Boyd, mengatakan, dalam pertemuan ini para gubernur akan bertukar pikiran soal masalah lingkungan di daerahnya. “Mereka juga membicarakan keuntungan dan kepentingan masyarakat dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan.”

Anthony Brunellor, Deputy Secretary for Climate Change and Energy at California Natural Resources Agency, mengatakan pertemuan ini menarik karena hadir perwakilan gubernur dari Brasil, Amerika Serikat, dan Indonesia. Ketiga negara memiliki corak partisipasi masyarakat lokal yang berbeda dalam menjaga hutan. “Nanti dirumuskan bagaimana standar dan kriteria yang baik untuk memberikan manfaat bagi masyarakat lokal.”

Forum Governors Climate and Forest (GCF) 2010 dihadiri delegasi 14 provinsi atau negara bagian, antara lain Aceh, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur (Indonesia), California, Wisconsin, dan Illinois (Amerika Serikat), serta Acre, Amapa, Amazonas, Matto Grosso, dan Para (Brasil).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: