jump to navigation

WALHI: Pemerintah Propinsi Segera Ambil Alih PLTU. Mei 19, 2010

Posted by walhisultengnews in SIARAN PERS WALHI SULTENG.
trackback

WALHI: Pemerintah Propinsi Segera Ambil Alih PLTU.

Palu- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tengah mendesak kepada pemerintah Sulawesi Tengah untuk segera mengambil alih PLTU Panau dari kepemilikan swasta menjadi kepemilikan BUMD agar manajemennya bisa lebih bertanggung jawab atas pelayanan publik.

“Pengelolaan managemen PT Pusaka Palu Jaya Power (PPJP) yang amburadul mengakibatkan krisis listrik di kota palu dan sekitarnya semakin parah, akibatnya PLN harus melakukan pemadaman dengan perbandingan 3:9.” Kata Gifvents Lasimpo Kepala Divisi Advokasi Dan Kampanye Walhi Sulteng Selasa(20/05/10).

Menurut Gifvents, dari pada PLN tiap bulanya harus menanggulangi pasokan batu bara, setiap kali ada keluhan PLTU sebaiknya Pemerintah propinsi mengambil alih saja perusahaan tersebut, dan memperbaiki manajemennya. Sehingga persoalan pasokan listrik ke PLN Palupun bisa teratasi tanpa harus terkendala dengan administrasi antara penjualan listrik dari PLTU ke PLN seperti praktek yang dilakukan saat ini.

Dia juga menambahkan, belum lagi dampak dari pemadaman listrik yang dilakukan PLN, yang berpengaruh besar terhadap kondisi perekonomian di sulteng sehingga membuat banyak kerugian di berbagai sektor industry maupun rumah tangga. seperti rusaknya alat elektronik, rumah terbakar akibat koslet bahkan merenggut korban jiwa, meninggal karena keracunan asap mesin genset. Ungkapnya.

“Kepemilikan swasta tidak bisa lagi dipertahankan oleh Pemerintah Propinsi karena dalam prakteknya pengelola PLTU tiap bulan hanya merugi sampai dengan Rp. 4,38 milliar per bulan”, imbuhnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: