jump to navigation

Gubernur Jangan Hanya Diam Mei 19, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Gubernur Jangan Hanya Diam
PLTU-PLN Bersepakat di Alkhairaat.
media alkhairaat
Palu- Anggota DPRD palu Amran Ismaun meminta Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju jangan hanya diam menyikapi pemadaman listrik bergilir di Palu dan sekitarnya. Permasalahan listrik saat ini dinilai bukan hanya persoalan masyarakat palu, tapi juga donggala, parigi moutong dan sigi. “Gubernur Sulteng jangan hanya tinggal diam tapi harus turun kelapangan untuk mempertemukan semua elemen”, kata Imran Ismaun anggota komisi dua DPRD kota Palu, kepada media alkhairaat

senin(17/5). Amran yakin, bila Gubernur turun tangan, masalah listrik akan kelar. “ masalah ini jangan hanya menyalahkan walikota saja, karena kami ketahui bersama kalau wewenang masalah kelistrikan semua ditangan PLN” jelas amran.
Sementara itu, setelah di fasilitasi pengurus besar (PB) Alkhairaat, PLN palu dan PT PJPP, pengelola PLTU mpanau bersepakat menyelesaikan permasalahan krisis listrik di Palu dan sekitarnya. PLN akan menyupali 20 ribu metrik ton batu bara sehingga PLTU bisa beroperasi kembali sabtu pekan ini.
Pengiriman batu bara dilakukan sebanyak empat kali sebab hanya tongkang 270 FT yang bisa merapat di dermaga PLTU. Pengiriman pertama dijadwalkan tiba pada 22 Mei 2010 sebanyak 550 metrik ton. Pertemuan informal di kantor PB Alkhairaat senin sore yang di mediasi sekretaris jendral PB Alkhairaat Jamaludin Mariadjang itu di hadiri general manager PLN wilayah sullutenggo wirabumi kaluti, manageri PLN Cabang Palu I Nyoman Sunjana, manager Distribusi Operasional PLTU, Jati Nugroho, walikota Palu Rusdy Mastura dan Wakil Walikota Palu Mulhanan Tombolututu, Wakil Ketua DPRD Palu Wiwik Jumatul Rafiah dan Ketua AKLI Sulteng Farid DJafar Nazar, “dalam masa operai batu bara tersebut diharapkan terjdinya kesepakatan harga antara PJPP PLN dan Pemerintah sehingga problem kelistrikan teratasi kata Farid kepada Pers usai pertemuan”.
Farid yang di daulat menjadi juru bicara mengatakan jika PLTU beroperasi normal dengan menyuplai daya 22-24 mega watt, ke sistem palu maka pola pemadaman kembali normal menjadi 3:1 yakni tiga hari menyala dan satu hari padam saat beban puncak. “saat ini pola pemadaman 3 jam menyala 9 jam padam kata farid.
Jamaludin mariadjang meminta semua pihak berkomitmen dengan hasil pertemuan tersebut. Ia meminta masyarakat tetap menyikapi persoalan ini secara arif, “kami berharap jangan sampai persoalan listrik yang sifatnya merata ini menjadi propaganda politik sehingga menimbulkan kemudaratan” kata dia.
Hari ini, direncanakan Rusdy Mastura ke Jakarta membawa surat gubernur sulteng, ke Menteri ESDM dan Direktur PLN Dahlan Iskan, surat gubernur tersebut intinya meminta menteri ESDM dan PLN menyetujui permintaan harga beli yang diajukan PLTU.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: