jump to navigation

DPRD Minta Penambang Batuan di Tutup. Mei 19, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

DPRD Minta Penambang Batuan di Tutup.
media alkhairaat

Toli-Toli – Akibat penambang pasir dan batuan yang serampangan di desa Tinigi kecamatan galang, Toli-Toli, sejumlah pemukiman dan kebun masyarakat terancam akan musnah terkikis sungai yang kian hari kian melebar, ketua komisi B DPRD Toli-Toli Mustarim mengatakan pihaknya akan mendesak kembali pemerintah daerah untuk menutup tambang pasir dan batuan, yang dulu disebut galian golongan C itu. Ditambahkannya pihaknya akan menyurat ke kepolisian setempat agar mempidanakan penambang yang serampangan yang disinyalir sama sekali tidak mengantongi ijin tambang.

“pemda harus peka jangan hanya di biarkan seperti ini, kasihan penduduk kalau pemukiman dan kebunnya habis terkikis sungai hanya gara-gara ulah penambang” katanya.
Dikatakan juga tidak hanya pemukimandan kebun penduduk yang terancam musnah, beberapa fasilitas umum juga terancam ajan roboh, di contohkannya penambangan batuan pasir di desa Tinigi, banyak yang menambang di sekira jembatan dan buronjong. “setahu saya penambangan dilakukan radius 5 ratus meter dari fasilitas umum, namun ini, lihat saja ruas jembatan sudah melebar, saya sangsi kalau hal ini tidak secepatnya ditangani, lima atau tujuh tahun jembatan desa tinigi akan roboh” kata dia. Dia menambahkan belum lagi semua panambang pasir dan batuan itu tidak mempunyai ijin sesuai data yang dihimpun areal penambang belum di uji kelayakannya sebelum memulai aktifitas tambang yang dilakukan oleh badan lingkungan hidup. “ ini sudah masuk pidana sesuai UU minerba” tegasnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: