jump to navigation

Warga Batui Temukan Semburan Gas Mei 10, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Warga Batui Temukan Semburan Gas
Senin, 10 Mei 2010
Media Alkhariaat

BANGGAI-Warga Desa Batui V kecamatan Batui Kabupaten Banggai, dikejutkan oleh semburan gas yang masih aktif di perkebunan masyarakat yang terletak kurang lebih 3 kilo meter dari pemukiman warga.
Penemuan semburan gas tersebut membuat warga berbondong-bondong ke lokasi kejadian.

Awalnya semburan gas tersebut ditemukan oleh seorang warga setempat bernama Pomuji saat hendak memasang bubuk ikan (sejenis alat penangkap) di sungai yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Tak jauh dari sungai tersebut Pomuji tiba-tiba mendengar suara gemuruh seperti tsunami lautan yang datang menerjang daratan.
Alangkah kagetnya dia saat mendekat dan melihat asal bunyi gemuruh tersebut. Di lokasi itu terlihat ada gelembung lumpur yang mengeluarkan percikan api kecil.
Dilokasi semburan gas ini, warga mencoba menancapkan potongan bambu sepanjang setengah hingga satu meter di titik semburan gas tersebut, dan ternyata dengan mudahnya percikan api keluar dari lubang bambu yang ditancapkan pada semburan gas tersebut. Lokasi semburan gas ini berada di lahan tanah adat yang menjadi milik keluarga “Pomuji”,dengan luas lokasi sekitar 120 hektar.
Suraid Salim, keluarga pemilik lahan mengaku, untuk sementara pihaknya telah mengamankan lokasi semburan gas ini yang akan di jadikan lahan kebun.
”Kami takut kalau ada warga yang merambah atau menebang pohon dan melakukan pembakaran di lokasi ini otomatis akan membahayakan lokasi semburan gas,” ujarnya. . Suraid berharap, dengan ditemukannya sumur gas ini, pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bisa meninjau lokasi semburan gas ini untuk diteliti keberadaannya, agar supaya bisa dilirik oleh para investor untuk dikelola.
Dia menambahkan, pada tahun lalu ada salah satu investor yang coba melakukan penggalian sumur gas dan melakukan pengeboran sedalam 10 meter di atas lokasi semburan gas tersebut, tapi mereka tidak menemukan titik semburan gas.
Informasi yang berhasil dihimpun tercatat kurang lebih 11 titik sumur gas yang masih aktif yang berada di Kabupaten Banggai. Dari 11 titik sumur gas tersebut , diantaranya adalah titik semburan gas di Desa Sinorang, Toili dan Toili Barat serta termasuk temuan baru yakni semburan gas di Desa Batui V Kecamatan Batui.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: