jump to navigation

25 Tahun Penemuan Lubang Ozon Mei 8, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback


25 Tahun Penemuan Lubang Ozon

VHRmedia, London – Tim peneliti yang menemukan lubang pada lapisan ozon yang melindungi Bumi 25 tahun lalu, menuntut para pemimpin dunia melakukan lebih banyak hal yang dapat menyelamatkan lingkungan.

Dalam wawancara dengan BBC yang ditayangkan Kamis (6/5), Dr Joe Farman, ketua tim peneliti, mengatakan hingga saat ini manusia masih melakukan kegiatan yang membahayakan keselamatan lingkungan.

Farman juga mengkritik para politikus yang dinilainya gagal mengatasi isu seperti perubahan iklim. Mereka justru mendukung kegiatan yang meningkatkan kadar gas karbon yang berpotensi meningkatkan suhu permukaan Bumi.

Temuan tentang adanya lubang di lapisan ozon diterbitkan dalam jurnal Nature pada 16 Mei 1985. Dalam laporan tersebut dikemukakan terdapat lubang pada lapisan ozon yang melindungi Bumi dari radiasi sinar Matahari di atas Kutub Selatan. Lubang tersebut disebabkan penggunaan gas chlorofluorocarbon (CFC) secara masif oleh penduduk Bumi.

Laporan tersebut menyita perhatian banyak pihak yang peduli akan keselamatan Bumi. Selanjutnya mendorong kesepakatan Protokol Montreal tahun 1989 yang melarang penggunaan aerosol, salah satu gas kimia yang mengandung CFC.

Saat ini isu tentang lubang pada ozon kurang mendapat perhatian dari banyak pihak. Ukuran lubang ozon – sebenarnya bukan lubang, melainkan lapisan ozon yang menipis – di Kutub Selatan tetap stabil karena larangan penggunaan aerosol dalam dua dekade terakhir.

Sayangnya lapisan ozon di Kutub Utara juga menipis. Fenomena ini diramalkan terus terjadi hingga 15 tahun mendatang, terkait dengan pemanasan global. Sementara proses perbaikan terhadap penipisan lapisan ozon di Kutub Selatan akan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan dan tidak akan selesai bahkan antara tahun 2060 dan 2075. (E4)

Foto: irishtimes.com

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: