jump to navigation

Pelatihan Manajemen Pusat Informasi Kampung Mei 7, 2010

Posted by walhisultengnews in AKTIVITAS WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback

Pelatihan Manajemen Pusat Informasi Kampung
Jumat, 7 Mei 2010

Walhisultengnews-Palu. Terkait Penyelamatan Kawasan ekologi genting di Sulawesi Tengah, Wahana Lingkungan Hidup (walhi sulteng) bekerja sama dengan Sawit Watch dan Solidaritas Perempuan Palu mengadakan pelatihan manajemen pusat informasi kampung pada tanggal 05-06 Mei 2010 di Tentena, Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

PIK sengaja dirancang sebagai pusat berbagai media informasi yang berasal dari berbagai organisasi masyarakat sipil dan para pihak lainnya. Tujuannya adalah memberikan banyak informasi yang bisa memberikan pemahaman baru dan perubahan hidup kepada masyarakat. Hal pokok adalah pemberdayaan masyarakat berdasarkan tempat tinggal dan kondisi lingkungannya. Termasuk jenis budidaya yang bisa dihasilkan olehnya.

Yan-Yan yang juga fasilitator dalam kegiatan tersebut mengatakan Program Pusat informasi Kampung (PIK) sebagai bentuk alternative informasi masyarakat dalam bentuk perpustakaan kampung, baik itu daerah sekitar ekspansi sawit dan tambang maupun yang belum dilakukan ekspansi oleh perusahaan local, nasional, maupun internasional.

Penyebaran informasi tersebut akan di distribusikan oleh lembaga-lembaga yang ada di internasional, nasional dan juga lembaga local yang ada di sulteng baik dalam bentuk buku, poster, film dan lain-lain yang akan dikelola oleh masyarakat sendiri.

Para peserta juga di latih untuk melakukan catalog buku atau informasi sejenis, agar pada saat pendistribusian informasi tersebut, masyarakat yang telah dilatih dari berbagai daerah di kabupaten Poso dan Morowali sudah dapat mempraktekannya di kampung mereka sendiri.

Salah satu peserta mengatakan bahwa program ini sangat baik dan dapat memberikan pemahaman baru tentang informasi didaerah sekitar perkebunan sawit, karena mereka sangat kurang mendapatkan informasi tentang sawit baik itu dampak social maupun dampak lingkungan ungkapnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: