jump to navigation

MINYAK SAWIT: RI-Malaysia Sepakat Bersama-sama Melawan Mei 7, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

MINYAK SAWIT
RI-Malaysia Sepakat Bersama-sama Melawan

Jumat, 7 Mei 2010 | 04:01 WIB

Yogyakarta, Kompas – Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat membentuk satuan tugas untuk menangkal kampanye negatif dalam perdagangan minyak sawit dunia, yang dilancarkan oleh lembaga swadaya masyarakat ataupun oleh pemerintah negara konsumen. Kerja satuan tugas dilakukan melalui publikasi.
Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan bilateral tingkat menteri ke-5, Kamis (6/5) di Yogyakarta, antara Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Perladangan, Industri, dan Komoditas Malaysia HE Tan Sri Bernard Dompok.

”Tim terdiri dari pejabat-pejabat di kedua kementerian, khusus menangani publikasi dalam mengatasi kampanye negatif dalam perdagangan minyak sawit yang dapat memengaruhi ekspor,” kata Suswono.

Indonesia dan Malaysia adalah pemasok 85 persen kebutuhan minyak sawit (CPO) dunia. Produksi CPO Indonesia 20 juta ton dan Malaysia 16 juta ton. Meski menjadi produsen terbesar, Indonesia dan Malaysia tidak mampu membentuk harga. Harga CPO ditentukan dari lelang di Rotherdam.

Terkait operasionalisasi kegiatan, pembiayaan akan disediakan tiap-tiap negara. Suswono meyakini satuan tugas akan berjalan. Kementerian Pertanian akan mengupayakan agar dana dari penerapan bea keluar CPO dapat dipakai untuk membiayai operasionalisasi tim.

Direktur Jenderal Perkebunan Ahmad Mangga Barani mengungkapkan, perolehan dana dari penerapan pajak ekspor CPO 2009 sebesar Rp 13 triliun.

Selain membentuk satuan tugas, Indonesia dan Malaysia sepakat bekerja sama dalam riset pengembangan sawit secara berkelanjutan. Kedua negara juga melakukan konsultasi pada forum Organisasi Perdagangan Dunia terkait peraturan baru yang dikeluarkan Uni Eropa mengenai energi terbarukan. (MAS)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: