jump to navigation

Kepala Daerah “Perusak Hutan” Dilaporkan ke Presiden April 30, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Kepala Daerah “Perusak Hutan” Dilaporkan ke Presiden
29 April 2010 – 11:48 WIB
Kurniawan Tri / Angga Haksoro

VHRmedia, Jakarta – Kementerian Kehutanan merekomendasikan kepada Presiden Yudhoyono untuk memeriksa kepala daerah yang diduga bermasalah dalam mengawasi hutan. Sekitar 2 juta hektare hutan alam saat ini beralih fungsi menjadi perkebunan tanpa izin.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengaku sudah menyebarkan surat edaran kepada seluruh gubernur untuk melaporkan pengawasan hutan di daerah. Namun, hingga kini tidak ada satu pun laporan masuk. Jika hingga Mei mendatang belum ada laporan masuk, Kementerian Kehutanan akan memanggil para kepala daerah.

“Ternyata banyak bupati yang berbuat seperti itu (terlibat pembalakan liar). Ada gubernur yang bilang, kalau begini semua bupati kami masuk (penjara) semua,” kata Darori, Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Rabu (28/4).

Menurut Darori, tidak sedikit gubernur terlibat kasus mafia hutan. “Kalau sudah gubernur, nanti kami minta izin Presiden dan KPK yang turun. Itu rekomendasi dari kami. Jadi, semua kepala daerah yang terlibat akan direkomendasikan untuk diperiksa.”

Kementerian Kehutanan memperkirakan kerugian akibat alih fungsi 2 juta hektare hutan alam mencapai Rp 32 triliun. Beberapa area hutan lindung saat ini juga terancam dijadilan lahan hutan usaha. “Mereka semua perusahaan besar. Ada yang jadi perkebunan sawit, singkong, macam-macam,” kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, Kuntoro Mangkusubroto, mengatakan akan melakukan inspeksi mendadak ke daerah untuk memastikan adanya mafia hutan. “Kami sudah ada indikasi awal. Jangan kaget kalau Satgas nanti ke daerah. Makanya kami minta izin agar tidak bermasalah di kemudian hari.” (E1)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: