jump to navigation

Jabarkan Keinginan Presiden April 29, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

PERTANIAN
Jabarkan Keinginan Presiden

Kamis, 29 April 2010 | 03:14 WIB

Jakarta, Kompas – Kementerian Pertanian seharusnya bisa menjabarkan keinginan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk selalu melibatkan petani dalam pengembangan pertanian pangan.

Hal ini ditegaskan Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi Jusuf, Rabu (28/4) di Bina Graha, Jakarta.

Menurut Jusuf, bagaimanapun, petani memiliki peran penting dalam produksi pangan. Oleh karena itu, mereka harus dilibatkan dalam pengembangan kawasan pangan.

”Selama ini banyak program pertanian yang gagal dan petani menjadi korban karena dalam membangun belum ada grand strategy,” katanya.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Siswono Yudo Husodo sebelumnya meminta pemerintah mengkaji ulang Peraturan Pemerintah Nomor 18/2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman. Itu dilakukan untuk memberikan jaminan bagi petani terlibat dalam kegiatan usaha dengan pola kemitraan inti-plasma (Kompas, 28/4).

Adapun para pengamat, akademisi, petani, ataupun organisasi tani mendesak Menteri Pertanian memperbaiki Rancangan Permentan tentang Pedoman Perizinan Usaha Budidaya Tanaman Pangan yang dinilai mengabaikan peran petani dan menyulitkan petani.

Juru Bicara Kementan Syukur Iwantoro menyatakan, PP No 18/2010 merupakan payung hukum yang dibuat dalam rangka penguatan ketahanan pangan.

Bagaimana mempertahankan ketahanan pangan dengan tidak menggusur petani dan tidak menutup peluang swasta.

Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria Usep Setiawan meminta Menteri Pertanian Suswono untuk tidak membelokkan reforma agraria untuk kepentingan food estate yang hanya memanjakan pengusaha besar sambil menyingkirkan petani.

”Reforma agraria itu menata ketimpangan struktur agraria agar lebih adil, jangan dibelokkan untuk investasi perusahaan besar dengan dalih ketahanan pangan,” tegasnya. (MAS)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: