jump to navigation

Wow, Emas Capai Level Tertinggi April 28, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback


Logam Mulia
Wow, Emas Capai Level Tertinggi
Rabu, 28 April 2010 | 10:49 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com – Harga emas naik ke tingkat tertinggi 2010 pada Selasa (26/4/2010) waktu setempat, menantang penguatan tajam dollar AS, karena penurunan peringkat utang jangka panjang Portugal dan Yunani memicu pelarian ke investasi yang dianggap aman.

Ketidakpastian ekonomi dan kekhawatiran mengenai kelangsungan hidup mata uang kertas juga mengangkat emas ke rekor tertinggi ketika harga dalam euro, sterling, franc Swiss, ke puncak 2010 dalam ukuran dolar Australia.

“Para investor menghindari risiko pada saat ini, dan mereka mencoba untuk sesuatu yang lebih stabil, seperti emas,” kata David Lee, seorang pedagang pada Heraeus Precious Metals Management di New York.

Lembaga pemeringkat Standard and Poor`s menurunkan peringkat utang Yunani ke status “junk” (sampah) pada Selasa, dan juga menurunkan peringkat Portugal, akibat berkembangnya kekhawatiran default (gagal) utang Yunani.
shutterstock

Berita itu memicu aksi jual di pasar ekuitas global dengan Wall Street turun 2,5 persen. “Ada beberapa keprihatinan bahwa zona euro tidak mungkin sembuh sampai lama kemudian. Orang-orang yang bertaruh di cerita pemulihan, yang telah mendorong harga logam naik, sedang melihat yang kedua,” kata Lee.

Spot emas mencapai puncak 1.172,05 dollar AS level tertinggi sejak 4 Desember. Harga emas berada di 1.170,95 dolar pada 3:53 (1953 GMT), terhadap 1.153,38 dollar AS di New York pada akhir Senin.

Harga emas mencapai rekor tertinggi dalam euro di 889,53 euro per ounce, dalam 768,86 pound sterling , dan di franc Swiss pada 1.274,72 franc.

Penurunan peringkat oleh Standard & Poor`s mengipasi ketakutan risiko utang seluruh zona euro, mendorong investor untuk melarikan diri ke logam dalam perdagangan yang didorong ketakutan.

“Harga emas meningkat didukung oleh lebih tingginya risiko utang negara di zona euro setelah penurunan peringkat terbaru Portugal oleh S&P,” kata analis Commerzbank Eugen Weinberg.

“Emas tampaknya menentang pola tradisional — dolar kuat, harga emas lebih rendah — selama minggu terakhir, menunjuk pada persepsi kuat emas sebagai mata uang alternatif.”

Keprihatinan atas risiko surat utang di zona euro, terutama Yunani yang dililit utang, telah membantu emas naik hampir tujuh persen tahun ini, meskipun penurunan tujuh persen dalam euro versus dolar, yang biasanya akan menekan emas.

Emas berjangka AS untuk pengiriman Juni di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik 8,20 dolar pada 1.162,20 dollar AS per troy ounce.

Yunani mencari bantuan utang dari zona euro dan Dana Moneter Internasional. Jerman mengatakan, pada Senin bahwa siap melakukan pendanaan, tapi menuntut Athena mengambil langkah-langkah penghematan menyakitkan.

Selisih antara imbal hasil obligasi pemerintah Yunani dan Jerman mencapai terluas dalam 12 tahun pada Selasa, menunjukkan premi yang dituntut oleh para investor untuk memegang utang Yunani meningkat.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: