jump to navigation

Rawan Bencana Alam, Indonesia Tidak Aman PLTN April 28, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Foto: VHRmedia/ Kurniawan Tri

Rawan Bencana Alam, Indonesia Tidak Aman PLTN
(en)
26 April 2010 – 15:59 WIB
Kurniawan Tri / Angga Haksoro
VHRmedia, Jakarta
– Secara geografis pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia tidak aman. Selain berada di kawasan rawan bencana alam, Indonesia menyimpan potensi energi alternatif yang belum dimanfaatkan maksimal.

Juru kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara, Arif Fiyanto, mengatakan sejumlah sumber energi alternatif belum dimanfaatkan, di antaranya panas bumi, matahari, air, dan gelombang laut.
“Kenapa sumber ini tidak dikembangkan pemerintah? Kenapa kita dininabobokan oleh ilusi energi nuklir?” kata Arif Fiyanto di sela unjuk rasa menolak rencana pembangunan PLTN di kantor Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (26/4).

Menurut Arif, pemerintah saat ini menjajaki membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Bangka Belitung, Gorontalo, Banten, Kalimantan Timur, Madura, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat. Padahal, dari 23.000 megawatt potensi energi panas bumi, baru 800 megawatt yang dimanfaatkan.

“Kenapa justru melirik PLTN yang kapasitasnya hanya 1.000 megawatt? Indonesia negara yang terletak di wilayah ring of fire, sangat rentan bencana. Bayangkan, jika terjadi gempa bumi di lokasi PLTN. Ketika PLTN tersebut bocor, dampaknya luar biasa,” ujar Arif.

Ali Akbar, Deputi Direktur Walhi Nasional, mengatakan hingga saat ini belum ada teknologi yang menjamin reaktor nuklir aman dari kebocoran. “Peryataan nuklir itu aman, hanya sepihak. Jika ada kebocoran, akan berdampak sampai 200 tahun.”

Dalam unjuk rasa ini puluhan aktivis gabungan organisasi lingkungan menyerahkan sejumlah foto yang menunjukkan dampak kebocoran pembangkit nuklir Chernobyl di Ukraina, 24 tahun lalu. (E1)

Iklan

Komentar»

1. bolehngeblog - Juni 25, 2010

ngeri dengan berbagai macam kejadian bencana alam di indonesia, Entah sampai kapan bencana yang terjadi secara beruntun di negeri ini bisa berakhir. Semoga Allah SWT segera mengembalikan keadaan tersebut menjadi keadaan yang lebih baik

salam,
Bolehngeblog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: