jump to navigation

Kurang, 500 Ribu Hektare Hutan untuk Rakyat April 28, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback


Kurang, 500 Ribu Hektare Hutan untuk Rakyat
24 April 2010 – 10:58 WIB
Nina Suartika / Arwani

VHRmedia, Jakarta – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia mempertanyakan kebijakan pemerintah mencadangkan 500 ribu hektare areal hutan untuk dikelola masyarakat. Tanah yang dicadangkan jauh lebih sedikit dibanding jumlah konflik kehutanan yang merugikan negara dan masyarakat.

Pemerintah seharusnya menyelesaikan terlebih dahulu konflik-konflik kehutanan yang sudah lama terjadi. “Jumlah 500 ribu hektare hutan itu masih terlalu sedikit dibanding total kerugian akibat konflik kehutanan. Kalau pemerintah serius ingin menyejahterakan masyarakat di sekitar hutan, sebaiknya selesaikan dulu konflik kehutanan,” kata Manajer Kampanye Hutan Walhi, Deddy Ratih, di Jakarta, Jumat (23/4).

Walhi mempertanyakan motif pemerintah menyediakan 500 ribu hektare area hutan tersebut, apakah memang untuk kesejahteraan masyarakat atau ada motif lain. “Kita sih mengapresiasi saja usaha pemerintah itu. Tapi masalahnya, apakah benar-benar untuk kepentingan masyarakat di sekitar hutan? Atau hanya untuk industrialisasi dan kebutuhan pasar?” kata Deddy.

Menurut Deddy, selama ini kebijakan yang dibuat pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat selalu mengalami kegagalan. Karena kebiasaan kebijakan regulasi yang dikeluarkan hanya untuk industrialiasasi dan pemenuhan kebutuhan pasar.

“Kalau kebijakan ini tetap dijalankan, seharusnya pemerintah mengadopsi model kelola hutan yang ada di masyarakat dan harus disesuaikan dengan sosial budaya setempat. Agar tata kelola hutannya menjadi lebih baik dan tidak tercampuri oleh kebutuhan korporasi,” katanya.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan pemerintah mencadangkan hingga 500 ribu hektare areal hutan, termasuk hutan lindung, untuk dikelola masyarakat. Kebijakan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, namun belum diterjemahkan dengan baik oleh pemerintah daerah. (E4)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: