jump to navigation

Bank Dunia: Indonesia Butuh US$ 80 Triliun untuk Kurangi Karbon April 28, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Bank Dunia: Indonesia Butuh US$ 80 Triliun untuk Kurangi Karbon
20 April 2010 – 14:16 WIB
Rosmi Julitasari

VHRmedia, Manila – Indonesia membutuhkan investasi US$ 80 triliun per tahun untuk mencapai target terendah emisi gas karbon di tahun 2025. Investasi itu dibutuhkan untuk membangun sumber energi berkadar karbon rendah, dapat diperbaharui, dan efisien.

Demikian laporan Bank Dunia berjudul “The Wind of Change, East Asia’s Sustainable Energy Future” yang dikeluarkan Senin (19/4). Lima negara lain di Asia Timur, yakni China, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, juga membutuhkan nilai investasi yang sama.

Laporan itu juga menekankan pentingnya pemerintah di kawasan Asia Timur untuk menempatkan sumber energi ramah lingkungan sebagai prioritas. Konsumsi energi di kawasan Asia Timur saat ini naik 3 kali lipat akibat pertumbuhan ekonomi dan perpindahan warga ke kota yang melonjak 50%.

“Cepatnya kenaikan tingkat urbanisasi menyebabkan pemerintah kesulitan membangun kota dengan kadar karbon yang rendah,” kata Xiaodong Wang, peneliti senior bidang energi Bank Dunia, yang dikutip situs ecoseed.org.

Jim Adams, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Wilayah Asia Tenggara dan Pasifik, mengatakan pemerintah enam negara Asia Timur itu harus segera membangun sumber energi berkarbon rendah dan mengubah gaya hidup ramah lingkungan. Seperti menggunakan transportasi publik, membangun gedung hemat listrik (green building), dan mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar.

Bank Dunia menyarankan bantuan keuangan untuk mengembangkan sumber energi baru yang memiliki kadar karbon rendah dan pajak yang tinggi untuk penggunaan sumber energi yang berasal dari fosil. Masyarakat internasional diminta membantu negara berkembang melalui pemberian pinjaman lunak dan transfer teknologi ramah lingkungan. (E1)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: