jump to navigation

PULIHKAN SULAWESI TENGAH, PULIHKAN INDONESIA..!!! April 23, 2010

Posted by walhisultengnews in KAMPANYE WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback


Hari Bumi
PULIHKAN SULAWESI TENGAH, PULIHKAN INDONESIA..!!!
Jumat, 23 April 2010

Walhisultengnews-Palu. Ratusan massa di kota Palu Sulawesi Tengah, turun ke jalan melakukan aksi long march dan membagi-bagikan selebaran pada peringatan hari bumi pukul 16.00 Wita kamis sore ( 22 April 2010), mulai dari taman GOR kota Palu sampai ke Bundaran Jl Hasanudin, sambil meneriakan yel-yel “Pulihkan Sulawesi Tengah..Pulihkan Indonesia..!!”

Sekitar 61,55% daratan Sulteng telah dikuasai investor tambang dan sawit. Laju kerusakan hutannya telah mencapai 18,8 Ha/jam. Taksiran kerugian ekonomi akibat bencana yang terjadi setiap tahun paling sedikit 71,9 Miliar rupiah hal ini di suarakan pada aksi tersebut yang terdiri dari aktivis lingkungan WALHI Sulteng, Serikat Hijau Indonesia, LSM, Organisasi Perempuan, Mahasiswa, Siswa dan Pecinta Alam serta masyarakat kota Palu, secara bergantian melakukan orasi di tugu bundaran Jl. Hassanudin dan menebarkan Baliho besar yang bertemakan selamatkan kawasan ekologi genting di Sulawesi Tengah terdiri dari : Stop Ekspansi Tambang dan Sawit, Rehabilitasi Hutan Kritis, Pengakuan Masyarakat Adat, Integrasi Kawasan Ekologi genting dalam tata ruang wilayah yang ada dan pola terhadap perubahan iklim.

Dalam peringatan hari bumi tersebut tak hanya di ikuti oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak “mengajarkan kepada anak-anak untuk mengenalkan pentingnya arti lingkungan hidup sejak usia dini.” Ungkap seorang ibu yang membawa anaknya.

Walaupun di jaga ketat oleh belasan aparat keamanan Polres Palu, aksi long march tersebut sempat membuat arus lalu lintas kota Palu di sepanjang jalan Hasanudin dan Mohamat Hatta macet, kurang lebih 1 (satu) Jam.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Puluhan Massa yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Peduli Lingkungan (SMPL) sambil melakukan aksi longmarch tanpa menggunakan alas kaki sebagai simbol kedekatan manusia dengan bumi. (ombok.walhinews)

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: