jump to navigation

Selamatkan Kawasan Ekologi Gentingnya.!!! April 22, 2010

Posted by walhisultengnews in KAMPANYE WALHI SULAWESI TENGAH.
trackback


Selamatkan Kawasan Ekologi Gentingnya…

Hampir setiap hari kabar buruk yang selalu kita dengar, kita tonton bahkan kita alami sendiri ketika sedang menjalani aktivitas. Kalo bukan berita tentang banjir longsor, pasti tentang korupsi yang belum tuntas dibasmi seperti juga cerita teroris yang katanya bersarang di negeri ini.

Yang lebih memilukan lagi tragedi kerusuhaan yang tak berkesudahan. Baik antar kampung, antar aparat keamanan hingga penduduk dengan aparat keamanan… alangkah malangnya negeri ini.
Di Sulawesi Tengahpun demikian, banjir longsor, gempa hingga kerusuhan terjadi tanpa bisa dihindari. Wilayah yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor disertai badai tersebut merupakan kawasan ekologi genting yang juga adalah daerah basis produksi pangan, sehingga terjadinya bencana besar di daerah basis produksi tersebut, berdampak luas terhadap pasokan pangan Sulawesi tengah. Hal inilah yang dapat memicu krisis pangan terjadi di daerah ini cepat atau lambat.
Selain itu, ekspansi pertambangan dan perkebunan sawit berjalan seiring dengan konflik lahan yang meningkat akibat terjadinya alih fungsi lahan-lahan pertanian produktif masyarakat ke perkebunan sawit. Dari catatan Walhi Sulteng sejak tahun 1995, sudah ada catatan kasus penggusuran lahan pertanian warga baik dari areal persawahan maupun tanaman kakao yang kemudian diganti sawit.
Yang mencengangkan lagi, 61,55% daratan Sulteng telah dikuasai investor tambang dan sawit. Hingga laju kerusakan hutannya telah mencapai 18,8 Ha/jam. Taksiran kerugian ekonomi akibat bencana yang terjadi setiap tahun paling sedikit 71,9 Miliar rupiah.
Dalam waktu dekat, perhelatan pemilihan kepala Daerah di sejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah akan berlangsung. Kandidat-kandidat yang bermunculan sepertinya diragukan sense of environmentnya. Sebagian besar para kandidat masih ‘pemain lama’ meskipun tampil dengan ‘wajah baru’ yang masih diragukan rekam jejaknya tentang komitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan di Sulawesi Tengah. Dikhawatirkan kondisi ini justru hanya akan menambah daftar panjang kasus carut marut eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) di Sulawesi Tengah akibat sepak terjang kaum elite pejabat yang notabene juga adalah pengusaha.
Lalu apa yang harus kita lakukan, diam saja jadi penonton… atau ikut melakukan sesuatu sekecil apapun itu tapi pasti bisa membawa perubahan besar untuk memulihkan negeri ini, memulihkan daerah ini demi masa depan yang lebih baik lagi.
Ayo PULIHKAN INDONESIA ! mulai dari kampung halaman..
AYO PULIHKAN SULAWESI TENGAH !!!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: