jump to navigation

Donggi-Senoro Bulan Depan, Kontraktor Migas Nasional Dirugikan. April 21, 2010

Posted by walhisultengnews in BERITA PUBLIK DAN KEBIJAKAN.
trackback

Donggi-Senoro Bulan Depan

Kontraktor Migas Nasional Dirugikan.
Rabu, 21 April 2010.

Jakarta, Kompas – Pemerintah dijadwalkan segera memtuskan projek pengembangan lapangan gas Donggi Senoro di Sulawesi Tengah, bulan depan. Untuk itu, Wakil Presiden Boediono meminta tambahan data agar keputusannya komprehensif, menimbang kebutuhan dan pasokan gas nasional.

Data yang diminta tidak hanya neraca gas nasional, tetapi juga alokasi gas daerah dan alokasi gas yang dihasilkan dari sumber-sumber serta kajian kritis dan analisisnya. Selain meminta data ke Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Boediono juga minta ke PT Pertamina serta pihak lain.
Permintaan Wakil Presiden (WAPRES) Boediono itu disampaikan melalui telepon oleh Juru Bicara Wapres, sekaligus staf Khusus Bidang Media Massa, Yopie HIdayat, yang mendampingi Wapres Boediono mengikuti rapat kerja yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (20/4) di Istana Tampak-siring, Bali.
Secara terpisah, anggota Komisi VII DPR dari fraksi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, dalam diskusi bertema “Projek Donggi Senoro” kemarin di Jakarta, mengatakan, Projek pengembangan Gas Senoro akan memberikan keuntungan besar bagi kontraktor migas Nasional yakni pertamina dan medco energy. Karena itu, ia meminta agar Wapres Boediono tidak mau gegabah memutuskan Donggi-Senoro. Oleh sebab itu, Wapres meminta tambahan data yang lebih rinci dan komprehensif agar bisa mengambil keputusan dengan pertimbangan masak. Data tambahan itu di harapkan bisa diterima Wapres akhir bulan ini agar projek itu bisa segera diputuskan.
“Wapres tidak ingin mengambil keputusan sepotong-sepotong. Hanya mempertimbangkan kebutuhan gas daerah dan hasil gas per ladang belaka. Akan tetapi harus menyeluruh,”ujarnya. Neraca gas yang ada dinilai hanya bersifat makro dan belum jadi dasar pengambilan keputusan sehingga Wapres ingin melihat gambar besarannya secara nasional dan daerah.
Pada kesempatan itu menurut Yopie, Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskak menyatakan, Perusahaannya siap untuk membeli seluruh hasil Gas Donggi-Senoro jika Pemerintah memutuskan 100 persen gas Donggi-Senoro untuk domestic.
Dipersoalkan Pengusaha
Sementara menteri perindustrian MS Hidayat, Melalui telepon, seusai mengikuti sesi rapat kerja di Bali tentang pembangunan ekonomi, mengaku, ia dan sejumlah pengusaha yang hadir dalam rapat kerja itu ikut menanyakan soal proyek pengembangan Donggi-Senoro.
Dari 300 Industri dan Sub sector industry, pihaknya memfokuskan pada Sembilan industry unggulan yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi menjadi 7 persen tahun 2014. Syaratnya, biaya tinggi ekonomi harus di tumpas, biaya bunga, serta kontinuitas pasokan listrik dan gas harus memadai dengan harga bersaing.
Karena itu, pihaknya mengusulkan agar pemerintah segera merumuskan kebutuhan gas, di antaranya Proyek Donggi-Senoro, untuk menambah pendapatan Negara dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.
Jika itu terjadi, opsi yang harus diambil adalah kebutuhan bagi domestic untuk memperkuat ketahanan pangan dan pertumbuhan indusrti harus didahulukan,“ kata hidayat. (HAR/EVY).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: