jump to navigation

Walhi. Pemda Harusnya Lebih Tanggap Bencana April 17, 2010

Posted by walhisultengnews in SIARAN PERS WALHI SULTENG.
trackback


WALHI Pemda Harusnya Lebih Tanggap Bencana .

Palu- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia WALHI Sulawesi Tengah, menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten/kota di Sulteng untuk mengantisipasi ancaman banjir dan longsor yang mungkin terjadi seiring dengan memasuki musim hujan ini.

Menurut kepala divisi advokasi dan kampanye Walhi Sulteng Gifvents Lasimpo, berdasarkan data prakiraan hujan bulanan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) nasional, Indonesia timur khusunya Sulawesi Tengah akan mengalami hujan menengah yang bekisar antara 101 – 300 MM sehingga perlu diwaspadai terjadinya bencana.

Lanjut Gifvents, semestinya Pemerintah harus memberikan sosialisasi kepada masyarakat khusunya yang tinggal di wilayah rentan bencana seperti wilayah pesisir, Daerah Aliran sungai dan Pegunungan serta mengasesment daerah yang berpotensi bencana, disamping itu pengetahuan manajemen Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) di tingkat pemerintah juga perlu ditingatkan sehingga diharapkan tidak lagi menjadi pemadam kebakaran dalam menghadapi bencana nantinya.

Catatan monitoring media Walhi Sulteng, dalam kurun waktu Januari S/d November 2009 terjadi 18 kali bencana yang mengakibatkan sekitar 1.556 unit rumah terkena dampak dengan rincian 264 rusak parah, 113 rusak ringan dan 1.178 terendam, 1 bendungan rusak, 3 sekolah dasar 2 diantaranya rusak parah, 1 jembatan putus, 6 irigasi rusak, 4 perahu motor rusak, 1 masjid, dan 1 gereja rusak serta 7 orang korban meninggal dunia.
Sementara disisi lain menurut Gifvents, tidak ada komitment pemerintah dalam menyelesaikan persoalan degradasi lingkungan, yang merupakan faktor utama penyebab bencana. Ungkapnya.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: