jump to navigation

Pertambangan Poboya Menular ke Parigi Moutong April 17, 2010

Posted by walhisultengnews in SIARAN PERS WALHI SULTENG.
trackback


Pertambangan Poboya Menular ke Parigi

Palu- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi Sulteng) berharap pemerintah daerah kabupaten parigi mautong tidak kecolongan dalam mengatasi pertambangan rakyat seperti yang terjadi di poboya sekarang ini. Hal itu dilaporkan oleh Kepala Divisi advokasi & Kampanye Walhi Sulteng Gifvents Lasimpo dalam siaran persnya kepada media ini (2/3/2010).
Menurut Gifvents, posisi pertambangan yang ada di daerah tersebut tepatnya desa parigi mpuu kecamatan parigi Barat, berada sekitar 100 meter diatas pembangunan PDAM dan kurang lebih 90 meter dari bibir sungai hal ini akan berdampak besar terhadap kulaitas air yang dikonsumsi masyarakat nanti.

Lanjut Gifvents, sampai dengan sekarang mesin tromol yang beroperasi di wilayah itu sudah mencapai 3 titik diantarnya berada di Desa Pelawa, Desa Bantaya dan Desa Parigi Mpuu. Selain itu kerusakan lingkungan yang terjadi di daerah aliran sungai parigi mpuu juga sudah mulai kelihatan, hal ini disebabkan karena masyarakat mencari emas dengan menggunakan fasilitas mesin alkon untuk menyedot batu dipinggiran sungai tidak teratur dengan baik sehingga terjadi pendangkalan dan lubang di sekitar badan sungai.
Dia juga menambahkan, sekarang saja masyarakat sudah kesulitan untuk mendapatkan air bersih dengan biaya pemasangan pipa PDAM yang mahal sekitar Rp.2.000.000 S/d Rp.2.500.000/rumah, apalagi dengan masuknya pertambangan ini yang dikhawatirkan merusak keseimbangan ekosistem di wilayah itu, jika aktifitas tersebut dibiarkan maka sumber air yang digunakan masyarakat juga akan ikut tercemar oleh limbah dan air bersihpun akan semakin sulit di dapat, terangnya.

Seharusnya Pemerintah Kabupaten Parigi Mautong bisa belajar dari pengalaman Poboya agar dapat meminimalisir masalah sosial dan kerusakan lingkungan akibat aktifitas pertambangan tersebut’.terang Gifvents.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: